Gebyar ICT 2021, Wadah Inovasi Dan Kreativitas Digital di Masa Pandemi

  • Bagikan

MALANG, NUSANTARAPOS,- Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, menggelar event teknologi yakni Gebyar ICT 2021 atau Information and Communication Technology.

Event yang dilaksanakan mulai 5 Oktober 2021 lalu, adalah sebagai sarana untuk menyalurkan inovasi, kreativitas dan keterampilan mahasiswa khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya di bidang teknologi.

Dalam Gebyar ICT 2021 itu, juga digelar Webinar Nasional, yang dilaksanakan pada 28 November 2021 dan terbuka untuk umum. Dengan mengusung tema Make an Impact in Pandemic Era, para peserta webinar diberi pengetahuan dan motivasi oleh dua pemateri, yakni Anjas Maradita dari Daunnet Film dan Thomi Jasir selaku Senior Software Development Engineer di DANA.

Selain itu, pada event itu juga terdapat beberapa kompetisi, salah satunya yaitu Innovation App. Kompetisi ini mengangkat dua tema, yakni Strategi Pemberdayaan Masyarakat
Melalui Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal dan Technology Applications To Improve Large Enterprise And MSME Business During The Pandemic.

Seleksi pada Innovation App ini dikakukan dengan dua tahap, yakni tahap penyisihan yang dilaksanakan pada 8-22 November dan tahap final pada 27 November 2021.

Dari tahap penyisihan tersebut diambil 5 karya terbaik, yang akan melakukan presentasi karya di tahap final, dan untuk informasi kejuaraan akan diumumkan pada penghujung webinar.

Berdasarkan seleksi yang ketat oleh panitia serta juri-juri yang profesional, yakni Nanda Mochammad dan Jefry Dewangga, menghasilkan 3 nama pemenang Innovation App.

Juara 3 diraih oleh tim Asylum Terbaik Sedunia, dengan karya yang berjudul Rancang Bangun Media Pengenalan Membatik Untuk Sarana Pengenalan dan
Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Batik. Kemudian untuk juara 2 diraih oleh tim Developer Sholeh dari Bandung dengan karya yang berjudul Perancangan Aplikasi Destinasi Pariwisata Bali Dengan Flutter Sdk Berbasis Dart Programming Language.

Sedangkan yang menjadi juara utama
Gebyar ICT 2021 pada cabang Innovation App sekaligus membawa pulang uang senilai Rp3 juta adalah tim GassJOSS dari Sidoarjo, dengan karya yang berjudul uCraft : Platform Aplikasi Jual Beli Kerajinan Tangan Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi UMKM
Berupa Produk Lokal dengan Konsep Ekononi Kreatif.

Sebagai informasi, Gebyar ICT 2021 digelar dengan harapan dapat mewadahi para peserta, khususnya dalam mengembangkan produk seputar Information and Communication Technology.

Innovation App dipilih guna menginspirasi pengembang berbakat di Indonesia, untuk rekayasa perangkat lunak digital yang mulus, cerdas, dan inovatif, serta menjelajahi masa depan kecerdasan digital di era pandemi, khususnya di bidang ekonomi.

Editor: SIGIT
  • Bagikan