Pendaftaran Peserta Didik Baru SMA MUHI Gelombang I Tahun 2022/2023 Resmi Dibuka

Yogyakarta, Nusantarapos – Pada tanggal 27 Desember 2021 s.d. 12 Februari 2022, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (Muhi) memulai pendaftaran PPDB gelombang satu. Pada masa pandemi Covid-19 ini kegiatan pendaftaran PPDB menggunakan sistematika dan prosedur yang diimplementasikan secara online. Adapun bagi calon siswa yang mengalami kesulitan secara online diperbolehkan mendaftar secara luring dengan protokol Kesehatan ketat.

Sistematika pendaftaran dimulai dengan pengajuan data (entry data online), verifikasi pendaftaran, dilanjutkan dengan berbagai tes berbasis online dan tes kepribadian. Proses tersebut dapat diselesaikan dalam waktu satu hari (one day one service).

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah siap menjawab tantangan zaman dengan membekali peserta didik dengan kemampuan yang dibutuhkan menghadapi era industri 4.0 dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai dasar yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menjadi pondasi dalam menjawab beragam jenis tantangan zaman. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berkomitmen membentuk generasi berakhlaqul karimah, cerdas dan tanggap menghadapi perubahan zaman dengan memberikan pengalaman belajar berkonsep islami dan modern sesuai perubahan zaman. Untuk mewujudkan hal tersebut, tahun ini SMA Muhi membuka 1 kelas internasional program Global Assessment Certificate (GAC) dan 7 kelas regular untuk peminatan MIPA.

Sedangkan untuk peminatan IPS membuka 3 kelas regular dengan daya tampung masing-masing kelas adalah 30 siswa. Peserta didik kelas internasional program Global Assessment Certificate akan dibekali kemampuan global untuk menembus lebih dari 100 universitas dan perguruan tinggi ternama di dunia yang masuk dalam GAC/ACT Pathway University.

GAC/ACT Pathway University ini berlokasi di Amerika Serikat, Inggris, Australia, Kanada, Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan Meksiko. Nantinya lulusan kelas internasional GAC ini akan mendapatkan ijazah GAC-ACT dan ijazah nasional.

Menurut kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta Drs. H. Herynugroho, M.Pd sekolah juga telah menjalin Kerjasama internasional dengan Teachcast With Oxford. Teachcast With Oxford adalah pembelajaran Bahasa Inggris untuk semua siswa program regular maupun internasional yang terintegrasi dengan kurikulum sekolah. Proses pembelajaran berkolaborasi dengan guru native speaker dari Amerika Serikat yang dilakukan secara online.

“Sekolah juga memiliki program unggulan seperti career day, pembelajaran system blended learning, pengembangan kemampuan psikomotorik Bahasa, pembelajaran riset, pengembangan baca tulis Al-Qur’an dan program kawal studi lanjut untuk memastikan para siswa bisa meraih perguruan tinggi nasional dan luar negeri yang berkualitas. Program unggulan ini sesuai kalimat bijak Ali bin Abi Thalib RA, Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu,” pungkas beliau.

Semoga dengan segala keunggulan yang dimiliki sekolah ini dapat menjadi dorongan bagi para masyarakat untuk menitipkan pendidikan putra putrinya. SMA Muhi juga menawarkan program beasiswa kepada calon peserta didik yang berprestasi di bidang akademik maupun non akademik dan bagi keluarga yang tidak mampu di setiap tahunnya. “Bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi di tingkat provinsi, nasional, maupun internasional, dan memenuhi kriteria yang ditetapkan panitia dapat mencoba mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa. Tentunya akan ada seleksi yang akan diproses oleh panitia.” ungkap Bapak Tri Hari Nurdi, M.Pd., selaku wakil kepala sekolah bidang humas yang juga menjadi tim panitia PPDB.