Diresmikan Kapolri, Tim Patroli Perintis Presisi Polda Metro Harus Tampil Humanis

  • Bagikan

Jakarta, Nusantarapos – Kapolri Jenderal Listyo Sigit meresmikan pembentukan tim patroli perintis presisi di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Kamis (13/1/2022) untuk memperkuat patroli demi menjaga wilayah DKI Jakarta serta memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Dalam sambutannya, Kapolri mengatakan, “Hari ini kita semua berkumpul di lapangan Polda Metro Jaya untuk melaksanakan apel dalam rangka tim patroli perintis presisi untuk bisa hadir dan melaksanakan tugas dalam rangka mewujudkan rasa aman sebagaimana kita mampu memberikan perlindungan dan pelayanan masyarakat,” kata Kapolri, Rabu (13/1/2022).

Tim ini dibekali dengan kemampuan intervensi pencegahan, serta kemampuan mengendarai sepeda motor melewati jalur penuh rintangan. Selain itu, tim juga dibekali perlengkapan patroli.

“Saya memberikan apresiasi kepada bapak Kapolda dan seluruh tim yang bertugas yang telah memberikan latihan secara khusus kepada tim sehingga rekan-rekan memiliki kemampuan yang dipersiapkan pada saat melaksanakan tugas nanti, ” lanjutnya.

Dia juga menyatakan, bahwa sepanjang tahun 2021 sekitar 79 % kejahatan yang terjadi adalah kejahatan konvensional dan 35 % adalah kejahatan jalanan (street crime). Maka dari itu, pembentukan tim patroli perintis presisi difokuskan untuk mencegah terjadinya kejahatan dan menciptakan Kamtibmas, terutama di ruang kosong yang tidak ada penjagaan petugas.

Tak lupa, dia berpesan agar dalam melaksanakan tugasnya tim presisi selalu bersikap humanis kepada masyarakat.

“Saya berharap bahwa rekan-rekan bisa tampil dengan humanis pada saat bertemu dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Rekan-rekan bisa melakukan langkah mulai dari kegiatan preventif, edukasi kepada masyarakat tentang kejahatan masyarakat dan memberikan Kamtibmas, ” pungkasnya.

Acara apel ini juga dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya M. Fadil Imran, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Arie)

  • Bagikan