DAERAH  

Bersama Mendagri, Bupati dan Ketua DPRD Lampura Hadiri Rakerja Evaluasi Program

Lampung Utara, Nusantarapos.co.id – Bupati Lampung Utara (Lampura) H. Budi Utomo bersama Ketua DPRD Romli menghadiri Rapat Kerja dalam rangka evaluasi Program Strategi Kegiatan Pemerintah Daerah secara virtual di Rumah Jabatan Bupati kabupaten setempat, Senin (24/1/2022).

Kegiatan yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian ini juga diikuti oleh seluruh Bupati/walikota se-provinsi Lampung.

Dalam arahannya, Mendagri meminta pemerintah daerah untuk fokus percepatan pembangunan sesuai Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional mengamanatkan Pengendalian dan Evaluasi terhadap pelaksanaan rencana pembangunan.

“Pengendalian adalah serangkaian kegiatan manajemen yang dimaksudkan untuk menjamin agar suatu program/kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana yang ditetapkan dilakukan melalui Pemantauan dan Pengawasan,” kata Tito.

Lebih dalam Mendagri menjelaskan bila kegunaan Evaluasi, diantaranya untuk. Memberikan informasi yang valid tentang kinerja kebijakan, program dan kegiatan yaitu seberapa jauh kebutuhan, nilai dan kesempatan telah dapat dicapai. Memberikan sumbangan pada klarifikasi dan kritik terhadap nilai nilai yang mendasari pemilihan tujuan dan target.

Melihat peluang adanya alternatif kebijakan, program, kegiatan yang lebih tepat, layak, efektif dan efisien. Memberikan umpan balik terhadap kebijakan, program dan proyek. Menjadikan kebijakan, program dan proyek mampu mempertanggungjawabkan penggunaan dana publik.

Kemudian, mambantu pemangku kepentingan belajar lebih banyak mengenai kebijakan, program dan proyek. Dilaksanakan berdasarkan kebutuhan pengguna utama yang dituju oleh evaluasi, serta Negosiasi antara evaluator and pengguna utama yang dituju oleh evaluasi.

“Evaluasi ini bertujuan untuk melihat tingkat keberhasilan pengelolaan kegiatan, melalui kajian terhadap manajemen dan output pelaksanaannya serta permasalahan yang dihadapi, untuk selanjutnya menjadi bahan evaluasi kinerja program dan kegiatan selanjutnya,” pungkasnya. (RH)