DAERAH  

Kepengurusan Kwarcab Gerakan Pramuka Trenggalek Dirombak

TRENGGALEK – Kakwarda Jawa Timur Arum Sabil resmi melantik kepengurusan baru Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Trenggalek bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha Trenggalek, Rabu (16/1/2022).

Pergantian pengurus terjadi pada posisi Bupati Trenggalek yang dalam kepengurusan sebelumnya menjabat sebagai Kakwarcab Trenggalek, dalam kepengurusan baru ini menjabat Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab).

Sedangkan posisi Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka Trenggalek digantikan oleh Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Natanegara.

Sedangkan untuk posisi ketua harian Kwarcab Trenggalek, masih dijabat oleh Machsun Ismail mantan Wakil Bupati Trenggalek dua periode.

Usai dilantik, Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin sebagai Kamabicab Gerakan Pramuka Trenggalek menitipkan gerakan Pramuka di Trenggalek kepada kepengurusan baru Kwarcab Trenggalek. Dirinya berharap Pramuka bisa menjadi tonggak gerakan kepanduan.

Tidak ada yang bisa menghentikan Gerakan Pramuka, pandemi sekalipun tidak bisa menghentikan gerakan ini. Jika di negara lain ada wajib militer, di tanah air gerakan pramuka sudah menanamkan jiwa-jiwa wajib militer yang sangat luar biasa.

“Tanpa SK tanpa berharap imbalan, Pramuka hadir dalam setiap kesempatan. Bahkan dalam setiap perannya,” ujarnya.

Ditambahkan Gus Ipin sapaan akrabnya, anggota Pramuka tidak menanyakan honor dan yang lainnya, namun yang ditanyakan justru gerakan Pramuka bisa membantu dalam hal apa. Dalam hal ini pihaknya berharap Gerakan Pramuka bisa membantu pemerintah dalam penanggulangan Pandemi Covid-19.

Sementara itu Kakwarda Jawa Timur, Arum Sabil dalam kesepatan itu berharap Gerakan Pramuka yang bertujuan mulia harus dikembangkan lebih baik.

Kakwarda ini percaya akan kiprah Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek bisa membawa Gerakan Pramuka di Trenggalek lebih baik.

Diharapkan juga olehnya, kepengurus baru Kwarcab ini bisa membawa anggota gerakan pramuka kepada usaha-usaha ketahanan pangan baik di sektor pertanin, perternakan maupun agropolitan.

“Apresiasi kami berikan atas sepak terjang pasangan muda kepala daerah di Trenggalek dalam penanganan Pandemi Covid 19,” pujinya.

Tentunya ini tidak lepas peran dan dukungan forkopimda dan segenap lapisan masyarakat dan menjadikan Trenggalek menjadi salah satu daerah yang terbaik.

Kakwarda juga menyinggung mengenai energi terbarukan yang tengah didengungkan oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya negara-negara luar, saat ini tengah mengembangkan energi terbarukan dan mulai meninggalkan energi Fosil.

“Kami yakin bangsa ini mampu dan bisa mengembangkan energi terbarukan itu karena potensinya sangat luar biasa,” pungkasnya. (Rudi)