DAERAH  

DPRD Siap Mendukung Program Pemerintah Trengggalek dalam RPJMD

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) atau musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) yang menjadi acuan pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan di Trenggalek untuk tahun 2023 digelar di smart center pendopo Manggala Praja Nugraha, Rabu (26/1/2022).

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Trengggalek Doding Rahmadi mengatakan bahwa pihaknya mendukung penuh beberapa program yang masuk dalam RPJMD tersebut. Terlebih program ini wajib sejalan dengan program pembangunan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Pihaknya siap meningkatkan sinergi untuk mendukung program-program pembangunan daerah agar dapat lebih maju lagi. Bahkan pihak DPRD juga sangat mengapresiasi capaian selama setahun terakhir ini, meski masih dilanda pandemi Covid-19.

“Memang pasangan Arifin-Syah dihadapkan pada tantangan berat yaitu pandemi Covid-19 namun kinerja dalam penanganan tersebut sangatlah perlu diapresiasi,” ucap Doding, Kamis (27/1/2022).

Doding juga menambahkan, meski kondisi tersebut cukup berat karena pandemi berdampak pada lesunya perekonomian sehingga berimbas pada keuangan daerah. Bahkan juga berimbas pada pemangkasan kucuran anggaran oleh pemerintah pusat melalui kebijakan rasionalisasi dan refocussing anggaran.

Dengan berdampak besar terhadap kemampuan daerah dalam merealisasikan program-program yang sudah direncanakan. Namun hal itu tidak menjadi masalah untuk tidak bekerja. Karena DPRD juga mengawasi dan menduky program yang akan direalisasikan, terutama yang merupakan program prioritas di tengah terbatasnya anggaran.

“Kita harus sangat bersyukur karena Trengggalek mampu bertahan dengan baik di tengah situasi yang kurang baik ini,” terangnya.

Bahkan saat ini perekonomian masyarakat di daerah sudah mulai tumbuh, maka diharapakan kondisinya akan terus membaik sehingga perekonomian didaerah ini benar-benar pulih. Dalam program pemerintah daerah akan fokus pada pemulihan ekonomi terutama pada sektor UMKM.

Salah satu caranya dengan meningkatkan fasilitas umum serta beberapa program yang akan berimbas pada perekonomian. Seperti memaksimalkan sektor wisata, dengan banyaknya pengunjung akan menjadikan perputaran ekonomi berkembang.

“Jika pengunjung banyak tidak hanya dirasakan masyarakat, sektor pendapatan daerah juga akan bertambah,” pungkasnya. (Rudi)