Haji Lulung Diusulkan Menjadi Nama Jalan di Jakarta

H. Abraham Lunggana, SH., alias Haji Lulung.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – H. Abraham Lunggana, SH., atau lebih dikenal dengan sebutan Haji Lulung  adalah seorang politikus Indonesia yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia untuk daerah pemilihan DKI Jakarta III (Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara) dari 2019 hingga 2021 di Komisi VII.

Sebelumnya, ia merupakan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sejak tahun 2014 hingga pengunduran dirinya pada 2018. Selain berpolitik, Haji Lulung juga merupakan seorang pengusaha yang memiliki sejumlah perusahaan yang mengelola keamanan dan perparkiran, selain itu dirinya juga berkontribusi terhadap warga Jakarta.

Namun pada 14 Desember 2021, Haji Lulung meninggal dunia pada pukul 10:51 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita. Jenazah Haji Lulung dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat selepas salat Asar, di dekat makam ibunya. Sebelum meninggal Haji Lulung sempat dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita selama 2 minggu akibat terkena serangan jantung.

Atas prestasi dan kontribusinya terhadap DKI Jakarta, Ketua Deparda PPM DKI Jakarta Saharuddin Arsyad, SIp., mengusulkan nama Haji Lulung menjadi nama jalan di Jakarta.

“Ketokohan almarhum Haji Lulung sudah tidak diragukan lagi, putra daerah Jakarta yang notabene orang Betawi asli ini banyak berjuang untuk Jakarta. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua PPM DKI, Ketua Umum PPM, Ketua Bamus Betawi, Wakil Ketua DPRD DKI, Anggota DPR RI dapil Jakarta III dan lainnya,” ujar Bang Udin begitu biasanya disapa kepada awak media di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Udin menjelaskan Haji Lulung banyak berkiprah di Jakarta dan peduli kampungnya yaitu Jakarta, maka sangat layak jika nama beliau diabadikan menjadi nama jalan di Jakarta. Maka kami mengajak kepada Bamus Betawi dan ormas-ormas Betawi lainnya untuk sama-sama mengusulkan nama Haji Lulung.

“Karena beliau merupakan salah satu tokoh Betawi yang selama ini konsen mengabdi untuk Jakarta, semoga Gubernur DKI dan juga semua elemen mendukungnya,” tegas Udin yang pernah menjadi Sekjen PPM saat Haji Lulung memimpin.