BISNIS  

Benarkah Tampon untuk Haid Bisa Hilangkan Keperawanan?

Ilustrasi Manfaat Penggunaan Tampon, Yoona Women (Sumber: VRITIMES.com)

Kini penggunaan tampon semakin populer di Indonesia. Namun, tidak sedikit wanita yang masih bingung tentang cara memakai tampon untuk haid sehingga bisa tetap nyaman seharian. Benarkah tampon untuk haid bisa hilangkan keperawanan? Ini faktanya!

Apa itu tampon?

Tampon adalah produk menstruasi sekali pakai yang dibuat menggunakan bahan dengan daya serap yang baik dengan bentuk silinder kecil dengan beberapa ukuran dan variasi daya serap yang cukup beragam yang bisa kamu sesuaikan dengan aliran cairan menstruasi kamu.

Kini, cukup banyak wanita yang beralih menjadi menggunakan tampon karena lebih nyaman untuk beraktivitas selama menstruasi. Pasalnya, jika digunakan dengan benar, tampon akan sangat nyaman dan tidak bergeser termasuk ketika melakukan olahraga termasuk renang. Ini alasannya banyak orang mulai beralih menggunakan tampon karena tidak terasa mengganjal atau tidak sering bergeser seperti pembalut ketika digunakan.

Cara memakai tampon untuk haid

Sangat penting untuk mengetahui cara pakai tampon untuk haid sehingga kamu bisa nyaman selama menggunakannya. Berikut beberapa cara pakai tampon yang penting untuk kamu ketahui:

1. Ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan. Petunjuk penggunaan cukup jelas untuk kamu ikuti.

2. Pastikan mencuci tangan sebelum dan setelah menggunakan tampon untuk menghindari penyebaran bakteri.

3. Buka bungkus tampon dan lepaskan pembungkus plastiknya.

4. Pegang ujung tampon yang berbulu dengan jari-jari tangan yang tidak dominan dan jangan biarkan ujung tali tampon tergulung atau tertekuk.

5. Duduk di toilet dengan kaki terbuka atau berdiri dengan satu kaki di atas kursi toilet. Posisi ini akan memudahkan kamu untuk memasukkan tampon.

6. Masukkan ujung tampon yang berbulu-bulu ke dalam vagina.

7. Dorong tampon ke dalam vagina hingga hanya tersisa tali tampon yang keluar.

8. Pegang tali tampon dan tarik dengan lembut untuk memastikan tampon terpasang dengan aman.

9. Pastikan bahwa tali tampon tergantung di luar vagina, dan bukan tertekuk di dalam.

10. Pastikan hanya gunakan tampon ketika kamu sedang menstruasi saja.

11. Ganti penggunaan tampon setiap 4-8 jam. Jangan menggunakan satu tampon selama lebih dari 8 jam untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan selama menstruasi.

Apakah tampon tidak bisa untuk perawan?

Salah satu kekhawatiran banyak wanita ketika hendak menggunakan tampon adalah apakah tampon aman untuk digunakan oleh wanita yang masih perawan dan apakah ini akan menghilangkan keperawanan wanita?

Ternyata penggunaan tampon tidak menyebabkan hilangnya keperawanan. Apalagi, keperawanan sendiri merupakan sesuatu yang berkaitan erat dengan aktivitas seksual. Jadi, untuk wanita yang belum menikah atau belum melakukan hubungan intim dapat menggunakan tampon dengan aman.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tampon. Jadi, apakah kamu ingin beralih menggunakan tampon? Kunjungi dan dapatkan informasi lengkap seputar kesehatan wanita lainnya di www.yoona.id/blog.

Tentang Yoona Women 

We’re a female wellness company who understands your health journey is personal and important. We are committed to providing high-quality, safe, affordable products like organic pads to support your wellness. Ready to #NeverSettleForLess and start your wellness journey with Yoona? Let’s together act on it! Because YOU matter Period.

Press release ini juga sudah tayang di VRITIMES