RILIS  

Target Bantu 1,5 juta Penerima Manfaat di Ramadhan, Rumah Zakat Siap Berkolaborasi dengan CARInih 

JAKARTA, NUSANTARAPOS – Rumah Zakat meluncurkan gerakan “Ramadhan Tahun ini
#SaatnyaTumbuhBersama”, dengan target membantu dan memberdayakan 1,5 juta penerima manfaat dari Aceh hingga Papua, terutama yang terdampak pandemi Covid-19. Oleh karena itu Ramadhan kali ini Rumah Zakat mengajak para donatur baik perorangan, komunitas, dan korporat berkolaborasi untuk mempercepat proses pemberdayaan di Indonesia.

“Hari ini kami melakukan penandatanganan MoU #SaatnyaTumbuhBersama dengan beberapa mitra, diantaranya Air Asia Indonesia, Flip, Shipper, CARInih, MTUA Rekayasa Industri, RASBI Bank Indonesia, IKADI, dan Yayasan Generasi Insan Pilihan. Kami berharap kerjasama yang terjalin antara Rumah Zakat bersama para mitra dapat semakin mempercepat pemulihan ekonomi para penerima manfaat terutama yang terdampak pandemi Covid-19. Semoga upaya ini juga dapat semakin memajukan usaha para mitra, sehingga tujuan kita untuk tumbuh bersama dapat terwujud,” ungkap Nur Efendi dalam Press Conference Ramadhan Tahun ini #SaatnyaTumbuhBersama Selasa (15/3/2022).

Di tahun 2021, bersama donatur dan para mitra, Rumah Zakat memberdayakan 5 juta penerima layanan manfaat. sebanyak 15% penerima manfaat dari program ekonomi Rumah Zakat, keluar dari garis kemiskinan, dan mengalami peningkatan kesejahteraan. Di tahun ini Rumah Zakat menargetkan 20% penerima manfaat keluar dari garis kemiskinan.

Sementara itu di bulan Ramadhan ada enam program istimewa yang ditawarkan tahun ini antara lain, Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Bingkisan Lebaran Keluarga, Syiar Qur’an, Ramadhan Bebas Hutang, dan Wakaf Qur’an Braile. Sementara untuk pendistribusiannya akan dilakukan di 1.695 Desa Berdaya binaan Rumah Zakat yang ada di 33 Provinsi.

“Kami sangat menyambut baik kolaborasi dengan Rumah Zakat untuk mengajak masyarakat bersama #NYATAKANsalingbantu berdonasi melalui fitur ‘CARIKEBAIKAN’ pada Aplikasi CARInih. Ke depannya, kolaborasi akan terus dikembangkan melalui berbagai program sosial, ujar Eka Norma selaku Chief Operating Officer PT Dasa Karya Indonesia.”

Untuk memberikan kemudahan berbagi setiap hari di bulan Ramadhan, Rumah Zakat meluncurkan infak.id dan waqf.id 2.0. Adapun infak.id sendiri merupakan platform kemudahan berinfak yang telah ada sejak 2019, dan telah memiliki lebih dari 200.000 pengguna yang rutin berinfak setiap hari.

Sementara waqf.id diluncurkan sejak awal 2021, sebagai platform donasi wakaf produktif. Infak.id dan waqf.id 2.0 memiliki kelebihan dari sisi design yang mobile friendly, dan transparansi laporan bagi para donatur. Secara berkala Rumah Zakat juga merilis laporan pendistribusian dana infak dan wakaf yang terhimpun pada masing-masing platform.

“Tujuan development infak.id dan waqf.id adalah menjadikan berbagi sebagai gaya hidup umat muslim. Khusus untuk waqf.id, melalui platform ini Rumah Zakat ingin memberikan edukasi terkait keutamaan wakaf produktif kepada masyarakat,” tutur Nur Efendi. (Rilis)