Kapolda Turun Langsung Pantau Aksi Demo di Jayapura

Jayapura, Nusantarapos – Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K turun langsung memantau jalannya aksi unjuk rasa penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Jayapura, Jumat (1/4).

Ribuan massa yang mengatasnamakan Petisi Rakyat Papua (PRP) terlihat turun ke jalan sembari menyuarakan aspirasinya.

Ribuan personel gabungan dari Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota diturunkan untuk melakukan pengamanan. Dengan dilengkapi mobil Watercanon dan mobil pengurai massa.

Melihat situasi perkembangan jalannya aksi unjuk rasa di Lingkaran Abepura Distrik Abepura Kota Jayapura, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K didampingi Pejabat Utama, bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua, Jhony Banua Rouw, S.E mendatangi lokasi unjuk rasa untuk mengawasi dan memantau para demonstran serta personel yang melakukan pengamanan.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, aksi demo penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) yang berlangsung di Kota Jayapura berjalan aman dan kondusif.

“Para demonstran tadi sudah menyampaikan aspirasi mereka yang diterima langsung oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Papua,” ucap Kabid Humas saat mendampingi Kapolda Papua pantau situasi.

Setelah menyampaikan aspirasinya massa pendemo pulang dengan mobil yang disiapkan oleh DPRD dan dipantau aparat kepolisian untuk memastikan situasi aman dan kondusif hingga massa tidak ada lagi di sekitar tugu pelajar Abepura.

“Pengawalan tetap kami lakukan hingga mereka ke kediaman masing-masing, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan,” kata Kombes Kamal.

Lebih lanjut dikatakan, demo penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) hari ini juga berlangsung di Kabupaten Mimika.

“Demo penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) ini juga berlangsung di Kabupaten Mimika. Semuanya berjalan dengan aman dan kondusif,” tandasnya.

Penulis: Usman Editor: Arie Septiani