Dayak Kenyah Bangga Putra Daerah Bisa Jabat Danrem di Kaltim

SAMARINDA, NUSANTARAPOS – Komandan Korem (Danrem) 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Brigjen TNI Dendi Suryadi bersilaturahmi dengan Lembaga Adat Dayak Kenyah Kaltim (LADK-KT) menerima gelar kehormatan secara Adat Dayak Kenyah didampingi Kasrem Kol. Inf Khabib Mahfud dan Para Kasi Kasrem 091/ASN di Makorem 091/ASN Jl. Gajah Mada Samarinda Kaltim, Senin (23/5/2022).

Gelar kehormatan tersebut, yakni Prosesi Adat Dayak Kenyah, “Adat Sebilaq” dan “Adat Pengaing” serta penyematan pakaian Adat kepada Danrem 091/ASN.

Sambutan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi SH, MH mengatakan atas nama Pribadi dan keluarga besar Korem 091/ASN, kami berterima kasih atas kunjungan silaturahmi kepala Adat Besar Dayak Kenyah Kaltim beserta rombongan, saya juga berterima kasih telah diterima sebagai warga dan bagian dari masyarakat Dayak Kenyah Kaltim.

Danrem juga menyampaikan, “Sebagai putra asli daerah dari Kaltim, saya lahir dan besar di kota Samarinda, selanjutnya saya akan memperkenalkan semua pejabat Korem yg hadir dan lengkap pada hari ini. Negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika, artinya bermacam suku dan budaya ada di negara kita ini, sebagai salah kearifan lokal dari warga kita, Dayak Kenyah yang harus terus di lestarikan sebagai kekayaan budaya bangsa kita Indonesia”.

“Dengan kehadiran saya, bersama-sama kita bisa, kita saling mendukung dan mendorong lahirnya putra-putri daerah kedepan untuk mengabdikan diri di TNI dan institusi lainnya. Dayak Kenyah harus kuat, SDM kita harus berkualitas, agar bisa bersaing dengan orang-orang luar daerah dan negara luar negeri”, pinta Danrem.

Kepada Adat Dayak Kenyah Kaltim (LADK-KT) Bapak Ajang Kedung SE, menyampaikan sambutan, “Maksud dan tujuan kedatangan kami untuk bersilaturahmi dengan bapak Danrem 091/ASN dan keluarga besar Korem, kedatangan kami untuk menyampaikan amanah dari orang-orang tua kita yg masih ada dan telah mendahului kita”.

“Kami rasakan ada aroma persaudaraan dari kita semua dalam pertemuan ini, dan ini yang menjadi kekuatan kita sebagai rakyat semesta. Kami bangga ada pemimpin putra daerah yang menjadi pemimpin di daerah asalnya kembali seperti Brigjen TNI Dendi Suryadi saat ini dalam memimpin Korem 091/ASN”, ungkapnya bangga.
.
“Semoga Bapak Brigjen TNI Dendi Suryadi dan keluarga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalankan tugas di Kaltim. Harapan kami Bapak sebagai pemimpin di Provinsi Kaltim, bisa menjadi pelopor bagi generasi muda kita, agar Kita bisa bersaing dengan dunia luar”, pintanya ke Danrem.

Hadir dalam rombongan tersebut Kepala Adat Besar Dayak Kenyah Kaltim Ajang Kedung SE, Sekretaris Besar Dayak Kenyah Kaltim Nuh Lenjau S.Pd, M.Pd, Pengurus LADK-KT Dr. Ndan Imang M.Sc, Drs. Gun Ingan, Herman Jalung SE, Hendrik Tandoh SH, Inphil Jonatan S.Hut, Sonda Ihin B.Sc dan Ingan Njau SE. (Penrem 091/ASN)