HUKUM  

Jelang Rakernas KAI, Ardy Mbalembout : Tjoetjoe dan Erman Umar Presiden KAI “Abal-Abal”

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – Kongres Advokat Indonesia (KAI) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Kota Bandung, Jawa Barat pada Senin 30 Mei 2022 mendatang. Sesuai informasi dari DPP KAI, seluruh calon peserta yang berasal dari DPC dan DPD KAI di 34 provinsi seluruh Indonesia.

Event Rakernas nantinya juga akan menjadi temu kangen seluruh rekan-rekan sejawat yang harus tertunda selama dua tahun lantaran pandemi melanda Indonesia dan dunia.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Kongres Advokat Indonesia (KAI) DKI Jakarta M.M Ardy Mbalembout mengatakan KAI yang sah dipimpin Ketua Umum/Presiden Siti Jamaliah Lubis yang akan menggelar Rakernas di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 30 Mei 2022.

“Rakernas yang dilakukan di Bandung itu merupakan yang resmi dilakukan KAI, sedangkan yang dilakukan di Bali dan Jakarta merupakan abal-abal,” katanya di Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Ia menyerukan agar kelompok Tjoetjoe dan Erman Umar untuk tidak menggelar Rakernas abal-abal karena kepengurusan KAI yang dipimpin ketua umum atau presiden Siti jamaliah Lubis merupakan yang sah

“Kami menyerukan kepada kelompok Tjoetjoe dan Erman Umar untuk tidak menggelar rakernas karena merupakan organisasi abal-abal yang tidak sesuai AD/ART KAI,” ujar Ardy.

Dia menjelaskan meskipun Tjoetjoe dan Erman Umar mengklaim dirinya sebagai presiden KAI, akan tetapi mereka merupakan KAI abal-abal yang bertentangan dengan AD/ART.

Apalagi menurut Ardy, Tjoetjoe sementara ini telah dilaporkan di Polda Metro Jaya karena dugaan pelanggaran pasal 265 dan 266 KUHP.

Dia berharap Erman Umar tidak meneruskan rencananya untuk melakukan kegiatan atas nama KAI.”Karena apabila masih diteruskan maka kami akan tempuh jalur hukum dan tindakan-tindakan lain yang dibenarkan hukum,” tegas Ardy.

Iya juga meminta para anggota KAI di seluruh Indonesia untuk memboikot terhadap rencana kegiatan Rakernas yang dilakukan Tjoe Tjoe di Bali pada 30 Mei serta Rakernas yang dilakukan Erman Umar di Hotel Sultan di waktu yang sama.

Menurut Ardy, KAI yang dipimpin Siti Jamaliah Lubis merupakan yang sah sesuai hasil kongres di Jakarta dan Malang. Dalam kegiatan kongres nasional KAI ke III di Malang pada 14 -16 November 2019, secara aklamasi menetapkan Siti Jamaliah Lubis sebagai presiden KAI periode 2019 2024.

Sementara itu Tjoetjoe Sandjaja Hernanto dan Erman Umar saat dimintai tanggapan perihal tersebut tidak menjawabnya.