BUDAYA  

Hadiri Nganten Temat II, Walikota Jaktim Apreasiasi Semua Pihak yang Ikut Lestarikan Budaya

Walikota Jakarta Timur M Anwar didampingi oleh Abang None memberikan sambutan di Gebyar Budaya Nganten Temat II.

Jakarta, NUSANTARAPOS.CO.ID – WalikotaJakarta Timur, M. Anwar, menghadiri Gebyar Budaya Nganten Temat II di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Dahlia Jalan Generasi I RW 03 Kelurahan Tengah, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (25/6/2022). Hadir mendampingi Wali Kota, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Jakarta Timur, Diah Anwar.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Jakarta Hajatan ke-495. Dimana, Nganten Temat adalah suatu tradisi masyarakat asli Betawi Condet yang dikenal sebagai Kampung Religius.

“Kita apresiasi dan bangga ya, ini suatu capaian mulia. Jadi, anak-anak, remaja dan masyarakat Betawi Condet terus melakukan prosesi upacara bagi yang telah menyelesaikan bacaan Al-Qur’an 30 juz secara ritual Islami dilakukan pengkhataman, kemudian diarak keliling kampung bersama sebagai penghargaan bagi mereka,” kata Wali Kota.

Walikota Jakarta Timur M. Anwar saat tiba di lokasi Gebyar Budaya Nganten Temat II.

Ia mengingatkan bahwa Kota Jakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki beranekaragaman kebudayaan. Utamanya, budaya Betawi yang harus terus menerus dilestarikan.

“Gebyar Nganten Temat ini juga bagian dari upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian kerakyatan,” paparnya.

Sementara itu, dikatakan Tokoh Agama Kecamatan Kramat Jati, Haikal Hasan, mengungkapkan bahwa budaya Betawi memiliki sejarah keistimewaan dari sisi ragam sejarah kekayaan Bangsa Indonesia. “Ini yang harus tetap dipertahankan,” katanya.

Walikota Jakarta Timur M Anwar menunjukan nomor kupon yang berhasil mendapatkan door prize.

Ketua Panitia Gebyar Nganten Temat II, Nining Yuningsih, mengaku senang dengan kehadiran Wali Kota Jakarta Timur di acara ini. Diharapkan, kegiatan ini terus dilaksanakan sehingga Kota Jakarta Timur terus menciptakan para generasi muda bangsa yang mencintai Al-Qur’an.

“Kami harapkan itu, dan Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Pak Wali yang hadir dan mendukung,” ujarnya.

Adapun Nganten Temat akan dilaksanakan selama 2 hari yakni 26 – 27 Juni, yang merupakan kolaborasi komunitas di Condet salah satunya adalah Gerbang Condet yang diisi oleh anak-anak muda kreatif.

Dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan beberapa kesenian Betawi seperti lenong, pencak silat dan lainnya. Serta diramaikan dengan stand yang diisi oleh produk dari UMKM.

Foto : Rusli Bontot