DAERAH  

Peduli UMKM Trenggalek, Gus Ipin Raih Penghargaan dari Kemenkop UKM

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin meraih penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

Penghargaan tersebut diberikan atas kerja keras Kepala Daerah dalam meningkatkan pertumbuhan nilai investasi yang signifikan pada sektor UMKM selama wabah pandemi covid-19.

Kendati telah meraih penghargaan, Bupati muda tersebut tidak langsung berbangga hati torehan itu untuk dirinya. Namun Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek tersebut menyebutkan bahwa penghargaan ini dianugerahkan untuk masyarakatnya.

“Ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Trenggalek, dan saya hanya disini hanya mewakili untuk menerimanya,” kata Gus Ipin usai menerima penghargaan, Jum’at (12/8/2022).

Diterangkan Gus Ipin, selama wabah pandemi covid-19 nilai investasi di Trenggalek pada sektor UMKM meningkat sangat signifikan, bahkan meningkat hingga tiga kali lipat.

Dalam upaya peningkatan pada sektor UMKM tersebut salah satunya mendorong kemajuan UMKM dengan mencetak 5.000 pengusaha perempuan baru yang tahun ini dilanjutkan dengan boothcamp dan program kegiatan lainnya.

“Termasuk peran aktif dari Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda yang terus mendukung dari UMKM perempuan dengan organisasi yang dijalankan,” ucapnya.

Sehingga penghargaan ini disebut Gus Ipin sebagai apresiasi bahwa 97 persen lapangan pekerjaan di masyarakat tercipta, pada sektor UMKM berkontribusi terhadap 61 persen terhadap ekonomi nasional.

Jadi untuk melanjutkan program tersebut, pihaknya akan terus melanjutkan kegiatan kerja kepada UMKM. Harapannya tetap semangat dan berjuang bersama-sama untuk mengangkat ekonomi Trenggalek khususnya.

“Terimakasih seluruh kalangan yang telah mendukung program kerja pemerintah untuk meningkatkan torehan penghargaan ini,” tuturnya.

Perlu diketahui, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki kepada Bupati Nur Arifin bertepatan dengan peringatan Hari Nasional UMKM Tahun 2022 di Pelataran Cihampelas Walk Kota Bandung.

Selain itu penghargaan tersebut diberikan atas jasa dan dharmabakti Bupati Trenggalek terhadap kemajuan UMKM di Kabupaten Trenggalek. (Rudi)