Mengenang Jasa Pahlawan, Presiden Hadiri Renungan Suci Kemerdekaan RI ke-77

Jakarta, Nusantarapos – Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta yang dilaksanakan tepat pada tanggal 17 Agustus 2022 pukul 00.00 WIB dini hari.

Berdasarkan pantauan wartawan di lapangan, pada Selasa (16/08) malam, Presiden Joko Widodo beserta rombongan tiba sekitar pukul 23.41 WIB. Setibanya di lokasi, Presiden Joko Widodo memasuki gedung persemayaman. Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Hikmat bersama Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Edi Suharto turut menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo.

AKRS yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan serangkaian acara dalam peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia yang akan digelar di istana merdeka pada pagi hari.

Ditengah hujan deras, Presiden RI Joko Widodo selaku Inspektur Upacara memimpin penghormatan kepada arwah pahlawan yang gugur demi membela serta mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilanjutkan dengan pembacaan naskah AKRS serta mengheningkan cipta dan Doa. “Kami yang hadir hari ini, Rabu, 17 Agustus 2022, pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini, TNI dan Polri 9.241 pahlawan, Badan Perjuangan 904 pahlawan, tokoh nasional 69 pahlawan dan pahlawan tidak dikenal 43 pahlawan, jumlah 10.257 pahlawan” kata Joko Widodo dalam pidatonya.

Doa pun dipanjatkan bagi pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan.

Presiden RI atas nama bangsa Indonesia menyatakan hormat yang sebesar besarnya atas keridaan, keikhlasan, kesucian pengorbanan para pahlawan demi kebahagiaan nusa dan bangsa. “Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebahagian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan yang sebaik-baiknya”, kata Joko Widodo.

Pada tahun ini, HUT-RI ke 77 mengambil Tema “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” yang merupakan cerminan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas dalam menghadapi tantangan global, bersama semua elemen bangsa bergerak dan bergotong royong untuk mewujudkan harapan.

Hal ini merupakan perwujudan harapan untuk bersama “Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat” menuju Indonesia maju.

AKRS yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia diikuti oleh Pejabat Negara/Setingkat, diantaranya Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menteri Agama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, KSAD, KASAU, KASAL, Kasgartap I/Jakarta, beberapa pejabat setingkat Menteri. (Arie)