DAERAH  

KKB Kembali Meneror, Bakar Truk PT. Putra Dewa Paniai

Jayapura, Nusantarapos – Kepolisian Resor Paniai dalami kasus pembakaran proyek Puskesmas Bibida di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Jumat (19/8) sekira pukul 00.20 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H saat dikonfirmasi pada Sabtu (20/8) membenarkan kejadian tersebut.

Kombes Kamal mengatakan, menurut keterangan beberapa saksi sekitar pukul 00.20 WIT mereka melihat adanya sekelompok KKB yang mendatangi lokasi proyek Puskesmas Bibida.

“Saksi melihat sekelompok KKB yang mendatangi proyek Puskesmas Bibida langsung melakukan pembakaran terhadap satu unit truk yang diketahui milik PT. Putra Dewa Paniai,” ucap Kombes Kamal.

Lebih lanjut, Kombes Kamal juga mengatakan akibat dari pembakaran tersebut satu unit truk yang terparkir di depan pagar pintu masuk Puskesmas terbakar hingga hangus.

“Pihak Kepolisian Resor Paniai telah melakukan pemanggilan terhadap Kepala Kampung, beberapa saksi dan juga pengawas perusahaan yang menangani proyek Puskesmas Bibida untuk dilakukan kordinasi dan penyelidikan,” ujar Kombes Kamal.

Atas kejadian tersebut tidak terdapat korban jiwa. Untuk dugaan sementara pembakaran tersebut dilakukan oleh kelompok KKB Paniai yang dipimpin Stefanus Kobogau dan Ayun Waker yang merupakan anggota KKB Kodap VIII Kemabu Kabupaten Intan Jaya.

“Untuk motif pembakaran tersebut diketahui bahwa adanya pembicaraan antara pihak perusahaan dengan kelompok tersebut yang membahas tentang uang keamanan, namun tidak terealisasi hingga saat ini,” jelas Kombes Kamal.

Kabid Humas menambahkan bahwa untuk kasus pembakaran tersebut hingga saat ini masih dilakukan penyelidikan dan penyidikan oleh Sat Reskrim Polres Paniai.

Untuk diketahui perusahaan PT. Putra Dewa Paniai (PDP) merupakan perusahaan yang akan membangun Puskesmas di wilayah Distrik Bibida Kabupaten Paniai.