DAERAH  

15 Tahun Menjadi Sopir Truck, Tidak Pernah Merasa Kelangkaan BBM Jenis Solar

Bitung, Nusantarapos – Jika kita mendengar kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar pasti di benak kita itu terjadi di setiap SPBU di seluruh Indonesia. Namun ternyata, kelangkaan tersebut tidak terjadi di Kota Bitung.

Terpantau awak media ada 5 titik SPBU yang menyalurkan BBM bersubsidi jenis solar. Semua terkendali, aman dan lancar, apalagi sudah di perbantukan oleh Pemerintah Kota Bitung (Pemkot) dengan di jaga oleh Satuan Polisi Pamong Praja (SPPP) di setiap SPBU.

Terkait isu kelangkaan di Kota Bitung, membuat salah satu sopir truck bernama Frenly Lantang buka suara. Saat di wawancarai oleh beberapa awak media ketika mengisi solar di salah satu SPBU yang ada di Wangurer, dia mengatakan, “Sudah 15 tahun saya menjadi sopir Dump Truck tidak merasa bahwa ada kelangkaan BBM jenis Solar di SPBU yang ada di Kota Bitung, ” ungkapnya kepada Nusantarapos, Sabtu (20/8/2022).

“Kalau kelangkaan BBM jenis solar di SPBU tidaklah langka, karena sudah 15 tahun saya menjadi sopir Dump Truck tidak merasa ada kelangkaan SPBU di Kota Bitung. Semua lancar-lancar saja seperti yang kita lihat sekarang, mungkin yang langka itu terjadi kota-kota besar, ” ucapnya.

Menurutnya, stok solar di masyarakat di Kota Bitung semua terpenuhi dan tidak satupun ada warga yang mengeluh.

“BBM jenis solar yang di katakan langka itu seperti apa? Karena selama ini kebutuhan masyarakat semua terpenuhi jika membeli solar di SPBU, tidak ada yang dikeluhkan masyarakat bahwa BBM jenis Solar langka di Kota Bitung semua aman – aman saja, ” ujarnya.

Kalaupun di bilang banyak mobil truk yang antri di depan SPBU, itu dikarenakan kapasitas wilayah SPBU kecil tidak bisa menampung banyak mobil.

“Ada yang berasumsi banyaknya mobil di luar SPBU yang antrian untuk mengisi BBM sehingga dikatakan bahwa BBM jenis solar langka. Padahal tidak seperti itu, kalaupun dibilang banyak mobil truck yang antri di depan SPBU, itu kerena mobil semua tidak bisa masuk di dalam SPBU karena kapasitas wilayah di dalam SPBU kecil, ” tegasnya.

Untuk kuota BBM Solar, kata salah satu operator masih bisa mencukupi untuk masyarakat, apalagi yang ada di SPBU Wangurer, mereka tidak pernah kehabisan BBM jenis solar.

“Kuota BBM jenis solar sampai saat ini aman-aman saja, masyarakat semua terlayani dengan baik, tidak ada yang mengeluh, ” kata operator SPBU.