DAERAH  

KUA-PPAS Perubahan 2022 Trenggalek Mendekati Final

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Pembahasan perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2022 Kabupaten Trenggalek hampir final. Beberapa kegiatan dalam perubahan anggaran tersebut terjadi di beberapa dinas seperti pada Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam usai memimpin rapat Badan Anggaran (Banggar DPRD) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pada Senin (22/8/2022) bertempat di gedung aula paripurna.

“Rapat Banggar dengan TAPD ini merupakan tindaklanjut rapat sebelumnya yakni hasil laporan komisi setelah membahas KUA-PPAS bersama OPD mitra,” kata Samsul.

Samsul juga mengatakan ada beberapa hal yang menjadi fokus pada pembahasan ini, dimana ada acuan waktu yang harus segera disahkan, sehingga saran dan rekomendasi dari komisi akan disampaikan dalam bentuk tertulis agar TAPD dapat menjawab saran dari komisi juga secara tertulis.

Jadi untuk produk KUA-PPAS perubahan ini telah mendekati selesai dan mendekati finalisasi karena ada beberapa penambahan kegiatan atas rasionalisasi dan kegiatan di berbagai OPD. Mulai dari pergeseran kegiatan pada tindaklanjut pembangunan labuhan prigi.

“Juga ada kegiatan pada dinas pendidikan dimana komisi mengusulkan ada tempat representasi ruang terbuka fre wifi untuk meningkatkan minat baca anak didik,” ungkapnya.

Sedangkan untuk saat ini disampaikan Samsul, materi perubahan KUA-PPAS telah dicetak dan sudah berbentuk fisik, meski demikian masih perlu ada perubahan dan rasionalisasi pada beberapa kegiatan. Sehingga nanti jika ada pergeseran cetakan KUA-PPAS tersebut akan dirubah kembali sesuai rekomendasi.

Maka dirubah lagi karena dalam usulan dan rekomendasi juga tidak banyak yang dirubah. Namun itu wajib dilakukan karena perubahan ini prinsipnya pergeseran kegiatan dan akan dirubah nanti disaat sudah disepakati dalam rapat paripurna. (Rudi)