DAERAH  

Peduli Warga Trenggalek Gus Ipin Serahkan Bantuan Perikanan

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin menyerahkan bantuan sarana dan prasarana Perikanan. Kurang lebih 31 paket bantuan ditujukan untuk bidang tangkap, bidang budidaya maupun bidang pengolahan dan pemasaran.

Secara rinci pada bidang tangkap, bantuan tersebut meluputi bantuan jaring, mesin kapal berkapasitas 24 PK serta Fish Finder, alat modern yang berfungsi mencari tempat gerombolan ikan di laut.

“Silakan diterima dan saya berharap sarana dan prasarana Perikanan ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” kata Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek, Senin (22/8/2022).

Pihaknya berpesan, dengan adanya bantuan tersebut semoga bisa difungsikan dengan baik untuk para nelayan. Baik nelayan tangkap maupun budidaya. Untuk bidang tangkap sendiri ada bantuan jaring kemudian mesin kapal 25 PK.

Selain itu di bidang budidaya ada kolam budidaya seperti gurame, lele dan jenis ikan lain. Sehingga pada kesempatan ini nelayan tidak boleh menyerah dalam kondisi apapun. Bila dapat hasil banyak, jangan lupa daratan. Sisihkan juga untuk persiapan tidak musim ikan.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Trenggalek Cusi Kurniati menambahkan, tahun ini kalau di hitung ada 31 kelompok penerima bantuan, baik itu untuk bidang tangkap, bidang budidaya maupun pengolahan dan pemasaran hasil perikanan.

Juga untuk Rehab cold storage kita di Watulimo, 9 jenis bantuan untuk bidang tangkap ada tiga macam. Yang pertama adalah jaring, kemudian yang kedua adalah mesin 24 PK. Sedangkan yang ketiga adalah Fish Finder, alat yang berfungi membantu nelayan untuk mencari gerombolan ikan dimana gerombolan ikan itu berada.

“Jadi sudah pakai alat yang canggih. Kita masih edukasi dan kedepan akan kita laksanakan diklat untuk mereka,” ungkapnya.

Di tempat yang sama Supangat salah satu nelayan yang mendapatkan bantuan sarana prasarana peralatan perikanan merasa senang dengan bantuan yang didapatkan. Diharapkan olehnya bantuan yang diterimanya dapat memperlancar usahanya. (Rudi)