BISNIS  

Cerita Bang Jack Sulap Warkop jadi Warung Serba Ada

Jakarta, Nusantarapos – Yusuf Syarifudin, yang lebih dikenal sebagai Bang Jack, tak menyangka jika usaha warung kopi peninggalan almarhum adiknya di bilangan Menteng, Jakarta Pusat dapat menjadi peluang rezeki bagi keluarganya. Berkat saran dari banyak pelanggannya, dalam rentang satu tahun Bang Jack berhasil menambah lebih banyak varian produk di warung kopinya, termasuk berbagai produk digital yang dibutuhkan masyarakat.

Salah satunya lewat layanan Mitra Shopee, sebuah aplikasi digital yang menawarkan berbagai produk digital termasuk pulsa, paket data, token PLN, voucher game, layanan pembayaran berbagai tagihan, hingga isi saldo ShopeePay, yang membantunya menarik lebih banyak pelanggan. Kini omzet bulanan yang dicapainya pun berhasil mencapai angka belasan juta rupiah.

Bang Jack, yang sebelumnya sempat bekerja sebagai petugas cleaning service dan jasa service AC, tak menyangka bahwa ia juga mampu berwirausaha. Namun, berkat kemauan dan semangat pantang menyerah yang tinggi, pria berusia 42 tahun ini mencoba beberapa strategi agar bisa mengelola warung kopi sederhana tersebut secara maksimal.

Bang Jack mengatakan, “Awalnya sempat ragu untuk berjualan menggunakan aplikasi dan handphone, karena saya tidak cukup pandai menggunakan teknologi. Namun, setelah beberapa kali diarahkan tim Mitra Shopee, ternyata aplikasinya mudah dioperasikan, varian produknya banyak dan yang paling membuat saya tertarik adalah harganya yang lebih murah dibanding lainnya, ” ujarnya dalam Siaran Pers yang diterima redaksi Nusantarapos, Kamis (25/8/2022).

Bang Jack percaya orang lain pun bisa menangkap peluang yang sama seperti dirinya, terlebih lagi dengan kemudahan teknologi dan akses internet saat ini. Untuk itu, ia membagikan langkah mudah yang tentunya bisa dilakukan orang lain untuk mengembangkan usahanya:

1. Amati sekitar, jeli dalam melihat peluang yang ada

Di era yang serba digital saat ini, semua orang bisa memaksimalkan teknologi yang ada untuk mencari peluang usaha tambahan. Seperti halnya Bang Jack yang berhasil menyulap warung kopinya menjadi warung serba ada.

2. Fokus dalam mengembangkan usaha

Bang Jack percaya bahwa dalam berwirausaha, kita tidak boleh cepat berpuas diri. Harus selalu memotivasi diri untuk mengembangkan usaha tumbuh lebih besar lagi. Tentukan target yang harus dicapai setiap tahunnya, misalnya saja menambah varian produk dan layanan untuk pelanggan.

3. Aktif melakukan promosi

Tak hanya menambah varian produk, untuk bisa dikenal banyak pelanggan atau konsumen, kita harus memaksimalkan promosi agar semakin banyak masyarakat sekitar yang tahu tentang bisnis kita dan menarik minat mereka untuk menjadi pelanggan.

Bang Jack menyebutkan bahwa Mitra Shopee telah memberikan kesempatan bagi masyarakat yang punya keterbatasan modal untuk mendapatkan peluang usaha dengan hanya bermodalkan teknologi dan kemauan yang kuat. “Saya ingin membuktikan bahwa dengan tidak menyerah dengan keadaan, kita bisa bertahan dan maju di ibukota. Yang terpenting adalah kemauan untuk lebih gigih mencoba berbagai peluang yang ada di hadapan kita,” tutup Bang Jack.