banner 970x250

Hari Ini, Jakarta Fashion Week 2023 Resmi Dibuka

Jakarta, Nusantarapos – Setelah dua tahun berturut-turut diselenggarakan secara online, Jakarta Fashion Week (JFW) akan menyapa para pecinta fashion secara langsung sepanjang tanggal 24–30 Oktober 2022 di Pondok Indah Mall III, Jakarta Selatan, dengan tema yang selaras dengan visinya tahun ini, Fashion Reformation.

“Fashion Reformation bukan sekadar tema, tapi juga sesuatu yang sungguh-sungguh kami
lakukan. JFW 2023 sendiri adalah bukti nyata. Tahun ini kami berpindah rumah, yang artinya harus adaptasi dengan cepat di lokasi baru dan audience di venue baru. Adaptasi lain tentunya dari segi pelaksanaan. Dari penyelenggaraan yang sepenuhnya online selama pandemi, kini JFW 2023 mantap diselenggarakan secara offline namun dengan sisi online yang lebih kuat dari sebelumnya,” ungkap Svida Alisjahbana, Chairman Jakarta Fashion Week & CEO GCM Group, Senin (24/10/2022).

Merayakan keberagaman talenta Indonesia dan kekayaan potensi kreativitas Indonesia yang konsisten menjadi bagian dalam komitmen JFW, reformasi dan transformasi menjadi kata kunci tahun ini. Pekan mode paling berpengaruh di Indonesia ini, yang akan menampilkan setidaknya 116 label perancang mode nasional dan internasional, akan gencar pula ditayangkan secara online melalui JFW.TV, YouTube, Instagram, TikTok, Vidio.com, dan MAXStream.

“Kami keluar dari zona nyaman dengan berbagai konsep baru – layaknya skema fashion sendiri, JFW harus adaptif dan dinamis. Misalnya, kini kami punya satu venue saja untuk menekankan eksklusivitas. Akan tetapi, di sisi lain, ini jadi pemersatu. Ini adalah pernyataan bahwa fashion Indonesia adalah inklusif milik semua orang, bukan hanya didominasi oleh kalangan senior yang sudah lebih dahulu berkarya,” lanjut Svida.

Tetap memberikan penghormatan khusus untuk mereka yang konsisten berkarya melalui
penghargaan bergengsi lima tahunan Pia Alisjahbana Awards yang tahun ini diwujudkan ke dalam Modest Fashion Award, JFW 2023 juga konsisten menyaring bakat baru melalui Lomba Perancang Mode Menswear, Lomba Perancang Aksesori, dan Fashion Force Awards. Hal ini menjanjikan regenerasi fashion yang berkesinambungan. Selain itu, Dewi Fashion Knights yang biasa hanya dilangsungkan dalam satu segmen sebagai pertunjukan penutup, kini hadir dalam dua segmen berbeda.

“Tahun ini, Jakarta Fashion Week akan menampilkan kreasi terbaik dari ratusan nama designer lintas generasi, memberi panggung bagi bibit-bibit masa depan melalui rangkaian ajang kompetisi signature JFW, dan merayakan talenta terbaik di industri mode Tanah Air yang semakin berkembang pesat hingga mendorong sederet nama designer dan fashion label mencapai level yang baru,” ungkap Andandika Surasetja, Creative Director JakartabFashion Week merangkap Content Director Dewi Magazine.

“Untuk itu Dewi Fashion Knights pun bertransformasi ke dalam format baru sebagai wujud apresiasi dan dukungan penuh lebih terhadap para pelaku mode Indonesia yang sangat berdedikasi. Dewi Fashion Knights – Fashion Mutation akan menampilkan koleksi luxe ready to wear dari Peggy Hartanto, Sean Sheila, serta Aidan & Ice, sementara Dewi Fashion Knights – Future Couture akan menampilkan koleksi adibusana karya Yogie Pratama, Stella Risa, dan Rinaldy Yunardi.” jelasnya.

City Hall Pondok Indah Mall III akan menjadi venue utama JFW 2023 yang menawarkan beberapa pengalaman menarik bagi para pengunjung, termasuk selfie booth dari TACO, serta fashion installation dan VIP Lounge dari Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).

Selain itu, instalasi persembahan HDII juga dapat dinikmati di pop up retail space Fashionlink di Atrium PIM III lantai 3 dan Dewi’s Luxe Market di Ground Floor PIM III.

“Kami selalu tampil relevan, mengikuti kondisi yang berbeda di setiap waktunya. Ini yang membuat kami mampu secara konsisten menjadi pekan mode utama di Indonesia, karena kami selalu mengikuti perkembangan tren dan komunitas dalam masyarakat. Ini memudahkan kami untuk menjangkau lebih banyak orang. Tahun ini pun sama, karenanya kami tidak sabar untuk menyapa semua fashion enthusiasts di JFW 2023,” tutup Svida. (Arie)