banner 970x250

Posko Nataru Ditutup, BPH Migas: Ketersediaan Energi Selama Nataru Aman Terkendali

Jakarta, Nusantarapos – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) resmi menutup Posko Nasional Sektor ESDM yang dilaksanakan sejak Libur Nataru pada 19 Desember 2022 – 4 Januari 2023.

Dalam pelaksanaan kegiatan Posko Nasional Sektor ESDM, sinergitas dengan stakeholder lainnya menjadi hal yang sangat penting untuk kelancaran nataru.

“Sinergitas dengan KORLANTAS POLRI terkait dengan adanya rute-rute yang dilakukan pembatasan ataupun titik-titik kemacetan, Kementerian Perhubungan baik Perhubungan Darat, Laut dan Udara terkait dengan peningkatan aktivitas pergerakan orang dengan transportasi umum maupun transportasi pribadi. Badan Pengatur Jalan Tol dan PT Jasa Marga terkait dengan Jalur Tol dan Fasilitas Rest Area di Ruas Tol, Dengan adanya sinergitas ini, hal-hal yang menjadi hambatan maupun kendala dapat kita antisipasi di awal maupun terpecahkan dengan cepat, ” ujar Komite Badan Pengatur Hilir Minyak Dan Gas Bumi (BPH Migas) Eman Salman Arief saat Konferensi Pers Penutupan Nataru di Gedung BPH Migas, Jakarta (04/01).

Berdasarkan Hasil Evaluasi Pemantauan Posko Nataru 2022/2023, ada beberapa hal yang disampaikan oleh masing-masing Sub Sektor ESDM:

Di sektor BBM, Eman mengatakan, “Sektor BBM, kondisi stok dan penyaluran BBM secara umum pada 19 Desember – 4 Januari 2023 dalam keadaan aman. Secara umum tidak terjadi kelangkaan BBM selama posko, dan penyaluran stok BBM diawasi oleh badan usaha, ” terangnya.

Sektor LPG, penyaluran LPG dalam kondisi aman. Seluruh Agen serta Pangkalan Siaga beroperasi pada periode satgas Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Dan Agen LPG disiagakan 24 jam khusus pada wilayah dengan demand tinggi.

Sektor Gas Bumi, selama periode NATARU, Subholding Gas Pertamina telah berhasil menyalurkan Gas, dan LNG kepada 2.460 Pelanggan Komersial dan Industri, 1.925 Pelanggan Kecil, 765,756 SR Pelanggan Rumah Tangga, dan 9 Pembangkit Listrik termasuk PLN Group

Sektor Listrik, kondisi pasokan tenaga listrik selama pelaksanaan Posko Nasional ESDM Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2022/2023 untuk sistem kelistrikan di wilayah pengusahaan PLN umumnya berada pada kondisi ”pasokan listrik aman”.

Sektor Geologi, selama periode tanggal 19 Desember 2022 s.d 4 Januari 2023, terjadi kejadian kebencanaan Geologi antara lain: 4 Gunung api berstatus Siaga (Anak Krakatau, Merapi, Ili Lewotolok, Semeru) dan 17 gunungapi berstatus Waspada (Awu, Banda Api, Bromo, Dempo, Dukono, Gamalama, Ibu, Ile Werung, Karangetang, Kerinci, Lokon, Marapi, Raung, Rinjani, Sangeangapi, Sinabung, Soputan). (Arie)