Jadi Juri Final ASN Idol, Gus Ipin Tak Ingin Pilih Kucing Dalam Karung

Peserta ASN Idol saat memaparkan gagasan, (tangkapan layar live kominfo)

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Ajang pencarian Aparatur Sipil Negara (ASN) IDOL yang di gelar Pemerintah Kabupaten Trenggalek memasuki babak final, peserta ASN Idol sendiri merupakan pejabat lingkup Pemkab yang mempunyai ide dan gagasan berkwalitas untuk menempati jabatan selanjutnya.

Dalam tahap proses seleksi ASN Idol berhasil menyaring sebanyak 61 peserta yang akan menyampaikan pemaparannya di depan juri selama 15 menit. Teknis pelaksanaannya, para juri serta audiens akan mengajukan pertanyaan dan tanggapan terkait impect dari gagasan tersebut.

“Dengan ASN IDOL kita tau gagasannya mereka sehingga kalau nanti mereka mendaftar kepala OPD Masyarakat sudah tau gagasannya,” tegas Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin, usai penjurian tahap satu, sabtu (18/03/2023)

Menurut Gus Ipin, meskipun sederhana jika gagasannya terukur, nantinya bisa menjadi prioritas dan segera dapat di implementasikan. Namun yang pasti pihaknya tidak ingin seperti membeli kucing dalam karung.

“Kita ingin memberikan impect ke masyarakat secara cepat,” tutur orang nomor satu di Trenggalek itu.

Terkait kriteria khusus dari peserta, menurut Gus Ipin tidak muluk – muluk, terpenting mereka tau tupoksinya sebagai Abdi Negara yang melayani masyarakat dengan baik.

Sehingga paham masalah masyarakat seperti apa, kalau ada anggaran bisa di eksekusi cepat, kalau tidak ada anggaran bagaimana caranya gorong – royong yang penting bisa selesai dengan baik.

“Makanya, salah satu kategori ada pembaharuan, namun kalau didalamnya mengandung lowbajet akan lebih diprioritaskan,” ungkapnya.

Diimbuhkan Gus Ipin, sekarang semua tau bahwa anggaran itu terbatas, jadi kalau bisa impect pull, tapi lowbajet kita prioritaskan. Apalagi untuk peserta yang lolos, akan dilakukan mutasi dan ditempatkan di posisi yang sesuai dengan tupoksinya. (ADV)