Gus Ipin Pimpin Apel ASN di Trenggalek Pasca Libur Hari Raya

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Hari kedua masuk kerja pasca libur panjang lebaran, Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin pimpin apel upacara aparatur sipil negara (ASN) bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kamis (27/4/2023).

Dalam sambutannya, Gus Ipin sapaan akrabnya menitipkan beberapa pesan terkait dengan ketulusan pengabdian dalam mengemban kewajiban untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Mumpung masih suasana lebaran, saya mengingatkan lagi pesan saat lebaran, dimana puasa merupakan perintah bagi umat muslim dan juga kaum sebelumnya,” ucap Gus Ipin.

Dimana dituturkan Gus Ipin saat puasa ini dituntut untuk bisa menjaga hawa nafsu dan bertakwa kepada Allah SWT. Esensi bertakwa sendiri adalah menjalankan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Terutama menghubungkan dengan kewajiban dan rutinitas ASN, dalam kesempatan itu menyebut, melayani masyarakat adalah bagian dari perintah. Kemudian bekerja dengan baik juga bagian dari perintah.

Untuk itu bila bertakwa maka sudah seharusnya menganggap melayani masyarakat dan bekerja dengan baik itu sebagai bagian dari ketakwaan kepada Allah SWT.

“Puasa itu mengajarkan kita untuk bertakwa menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Barang siapa bertakwa, Allah berjanji akan memberikan jalan keluar,” kata Gus Ipin.

Suami Novita Hardini itu juga tidak lupa menyampaikan permohonan maafnya kepada jajaran, mungkin ada hal hal yang menginspirasi atau memberi contoh kurang baik.

Dirinya berjanji akan bekerja sebaik mungkin seperti masa-masa kampanye, berkeliling ke wilayah-wilayah untuk mendekatkan pelayanan, meskipun itu melelahkan.

“Biasanya saat kampanye menggebu-gebu, semua daerah dikunjungi, setelah itu kendor karena capek. Semoga itu bagian dari bentuk ketakwaan kita,” tuturnya.

Apalagi disampaikan Gus Ipin dalam kurun waktu 3 hari ke depan, Persebaya akan bertandang ke Trenggalek pada hari Jum’at. Akan ada pertandingan antara Tim Persebaya Legend dan Persiga Legend.

Hari Minggu Persebaya akan melawan tim U23 kita. Kemudian ada seleksi bibit muda yang bila sukses, 15 orang yang dibawa ke Surabaya ikut elite Pro Academy Liga kelompok usia. Kalau bagus bisa dipromosikan di tim senior.

“Kapan lagi, ini jadi jalan rezekinya anak anak sama sepak bola. Kemudian momentumnya masih lebaran, semoga ini nanti bisa menciptakan keramaian. Semoga UMKM kita laku karena ini jalan kita membawa UMKM kita naik kelas, ” imbuh Bupati Arifin, Kamis (27/4).

Gus Ipin juga mengimbuhkan, pihaknya tadi mengingatkan salah satu bentuk ketakwaan itu diantaranya dengan kita bekerja dengan baik mencapai semua target kinerja. Dari takwa kemudian ditingkatkan menjadi tawakal, bekerja melebihi ekspektasi regulasi dan ekspektasi pimpinan. (ADV)