BISNIS  

Petani Sehat, Sinergi Perusahaan Kompos Modern dan Permesinan Untuk Hasilkan Buah dan Sayur Kualitas Ekspor

Malang, Nusantarapos.co.id – Maria Ulfa atau panggilan akrab Mbak Eva adalah pemimpin perusahaan PT Tetige Citra Lestarisentosa yang bergerak di bidang pengembangan pupuk kompos modern yang berada di Jawa Tengah.

Mbak Eva melakukan kunjungan ke kota Malang untuk Sinergi kerjasama dengan perusahaan Permesinan PT Barata Indonesia (Persero) dan Perusahaan pencetus Pupuk Kompos Modern di Malang, Selasa (9/5/2023).

Dia mengatakan bahwa belajar dari pengalaman sebelumnya, ditolaknya kiriman ekspor untuk buah-buahan ke Eropa dikarenakan adanya kandungan Pestisida dalam kandungan Komoditi yang diekspor. Sehingga, PT. Tetige Citra Lestari Sentosa mengembangkan pupuk kompos modern guna menekan pemakaian pestisida pada tanaman.

“Dengan dukungan permesinan oleh PT. Barata Indonesia (Persero) dan PT. Duta Niaga selaku pencetus Kompos Modern ini, diharapkan mampu mengantisipasi kandungan pestisida yang berlebihan pada buah-buahan dan tanaman lainnya agar mutu buah serta sayuran yang diekspor dapat diterima di pasaran luar negeri, khususnya Eropa dan Jepang, ” kata Eva.

Kompos Modern ini yang salah satunya bahan bakunya limbah rumput laut dan Limbah Enceng gondok ini dapat langsung dipakai pada pra tanam hingga budidaya penanaman ini berlangsung. Dengan kandungan limbah rumput laut dan beberapa limbah organik lainnya serta proses fermentasi selama tujuh hari.

Prospek ke depannya, PT. Tetige Citra Lestarisentosa, PT. Duta Niaga dan PT. Barata Indonesia (Persero) akan mengembangkan pola kerjasama dengan kelompok tani di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah Jawa tengah dan Jawa Timur dengan cara memanfaatkan lahan tidur yang selama ini dinilai kurang optimal pemakaiannya.

Pasar Ekspor yang telah dijajaki oleh PT. Tetige Citra Lestarisentosa ini adalah sarana untuk mengetahui kepastian pasar, guna meningkatkan petani bertanam yang sehat dan berkesinambungan dari waktu ke waktu. (Lauren/Aryo)