DAERAH  

Hari Lanjut Usia Nasional ke 27, Bupati Dharmasraya Apresiasi Program Kemensos

DHARMASRAYA, NUSANTARAPOS,- Persiapan dilakukan Kementerian Sosial menuju puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Ke-27 yang akan digelar pada Senin, 29 Mei 2023 di Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat, dengan tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat.”

“Kami kulo nuwun, karena tim dari jajaran Kemensos melakukan berbagai persiapan dalam rangkaian acara menuju puncak peringan HLUN ke-27,” ujar Dirjen Rehabilitasi Sosial Pepen Nazaruddin di Kediaman Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Kamis (11/5/2023).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyatakan bahwa pihaknya mendukung berbagai kegiatan HLUN ke-27 dengan segala fasilitas yang ada.

“Kami mendukung puncak Peringatan HLUN ke-27, termasuk acara operasi katarak dan di Kabupaten kita sediakan tempat untuk sidang isbat bagi lansia yang akan mendapatkan penetapan pernikahan, ” ungkap Sutan.

Rangkaian acara menuju puncak Peringatan HLUN ke-27 yaitu bakti sosial, operasi katarak, program permakaanan bagi lansia, rehabilitasi rumah lansia, pembuatan taman lansia, layanan Kesehatan, layanan pemenuhan hak sipil, pemberian penghargaan, kampanye sosial kelanjutusiaan, lomba kreativitas lanjut usia, serta webinar tentang kelanjutusiaan.

Sebagai salah satu kegiatan mengkampanyekan gerakan menyayangi dan peduli pada lanjut usia. Maka dilakukan pemilihan Duta Lansia, mengingat banyak kasus anak-anak ataupun generasi muda ketika besar tidak mau mengurus orang tuanya, bahkan menelantarkan orang tua mereka sendiri.

Duta Lansia dipilih dari generasi muda, yaitu dari anak-anak yang diharapkan mereka akan mengkampanyekan gerakan menyayangi dan peduli kepada lansia. Di puncak acara HLUN ke-27 anak-anak itu akan membacakan ikrar bahwa mereka akan menyayangi dan peduli kepada orang tua mereka sampai akhir hayatnya.

Sebelumnya, digelar rapat daring oleh Panitia Kemensos, Kadis Kominfo Kab.DMS, Kadis Sosial DMS, 11 Camat, Perwakilan Telkom Padang, agar jaringan internet di 11 lokasi puncak Peringatan HLUN ke-27 bisa terselenggara dengan baik dan lancar serta meminimalilsir gangguan. (Rizky)