Trenggalek Raih Penghargaan Atas Capaian Transmigran Jadi Orang Sukses

Bupati Trenggalek saat menerima penghargaan dari Kemendes (Kominfo Kab. Trenggalek)

TRENGGALEK,NUSANTARAPOS, – Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin kembali mendapat penghargaan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Kali ini penghargaan diberikan atas komitmen dan kontribusi dalam rangka mensukseskan program transmigrasi. penghargaan dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Abdul Halim Iskandar kepada Bupati Trenggalek di Graha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Selasa (16/5/2023).

“Alhamdulillah, kita dianggap menjadi daerah yang berhasil mengantarkan para transmigrasi bisa sukses,” ucap Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek.

Disampaikan Gus Ipin, atas capaian penghargaan ini pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga di Kabupaten Trenggalek yang kemudian bertransmigrasi ke hampir seluruh penjuru Indonesia.

Ternyata, para transmigrasi mampu bertanggung jawab dan Trenggalek dianggap menjadi daerah asal yang baik. Karena kebanyakan para transmigran ini bisa sukses dalam proses di tempat yang baru.

“Jadi transmigran dari Trenggalek ikut membangun Indonesia, lewat membuka lahan di kabupaten lain di kawasan transmigrasi,” terangnya.

Diimbuhkan Gus Ipin, pihaknya juga tetap memastikan dan mengawal agar para transmigran asal Trenggalek bisa sukses di lokasi pemukiman transmigrasi. Ternyata banyak sekali warga transmigran dari Jawa Timur yang sukses menjadi transmigran di lokasi-lokasi pemukiman transmigrasi.

Memanh capaian kesuksesan transmigrasi tidak dicapai dengan mudah. Menurut dia, masih ada juga transmigran yang hingga saat ini masih mengejar keberhasilan. Untuk itu, ia meminta para juara transmigran teladan untuk saling membantu satu sama lain.

“Untuk yang berhasil tolong bantu teman-teman lainnya yang belum berhasil. Minimal berbagi soal pengalaman dan pengetahuan,” sambungnya. (ADV)