DAERAH  

Bertema Rumawat Pusaka Kota, Pemkot Bogor Resmikan Logo HJB ke-541

LBOGOR, NUSANTARAPOS – Kota Bogor dikenal dengan julukan Kota Hujan, karena memiliki curah hujan yang lumayan sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 68 kelurahan. Pada masa Kolonial Belanda, Kota Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg yang berarti tanpa kecemasan atau aman tentram.

Hari Jadi Bogor (HJB) tahun 2023 kini telah mencapai usia 540 tahun. Hari Jadi Bogor ini diperingati warga Bogor setiap tanggal 3 Juni, lalu apa istimewa tanggal tersebut.

Hal ini tak lepas dari sejarah kerajaan di Bogor yang sudah ada lebih dari 500 tahun lalu. Pada
Peringatan Hari Jadi Kota Bogor tahun ini Pemkot Bogor resmi meluncurkan logo Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541. Logo bertemakan Rumawat Pusaka Kota menampilkan ornamen gerbang atau gapura pada angka 5 dan 1, Kamis (18/05/23).

Logo HJB ke-541 tersebut memiliki makna dan filosofi tersendiri dan oramen gerbang atau gapura tersebut diambil dari lokasi yang akan dijadikan museum Pajajaran di kawasan Batutulis.

Museum Pajajaran ini merupakan salah satu upaya dalam pelestarian benda-benda yang bersejarah peninggalan dari masa Kerajaan Pajajaran.

Rakhmawati selaku Ketua Panitia HJB ke-541
mengatakan, tentang tema Rumawat Pusaka Kota yang menyuguhkan ornamen gerbang atau gapura pada angka 5 dan 1 tersebut.

“Secara filosofis makna gapura dapat diartikan sebagai struktur bangunan yang merupakan pintu masuk atau gerbang menuju ke suatu kawasan, sehingga gapura sering diartikan sebagai suatu simbol gerbang menuju kawasan masa depan yang cerah, makmur dan sukses bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya,” ujarnya.

Rakhmawati menjelaskan bahwa angka 4 yang diapit oleh gapura tersebut disematkan ornamen kujang, sebagai benda pusaka Jawa Barat sekaligus salah satu ikon Kota Bogor.

Lanjut Rakhmawati, untuk arti warna logo oranye dan biru. Oranye memberi kesan hangat, bersemangat dan merupakan simbol dari optimisme serta kemampuan dalam bersosialisasi.

Rakhmawati juga menerangkan untuk warna biru mewakili makna kepercayaan, kesetiaan, ketulusan dan juga kebijaksanaan.

“Dari perspektif psikologi warna, warna biru memiliki arti dapat diandalkan dan juga bertanggungjawab,” ujarnya. (Rizky)