DAERAH  

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan untuk Anggota PKK Balongdowo Sidoarjo

Sidoarjo, Nusantarapos.co.id – BPJS KETENAGAKERJAAN Sidaorjo sosialisasikan Program BPJS Ketenagakerjaan bagi para Ibu-ibu PKK, di desa Balongdowo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo.

Novias Dewo Santoso selaku Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo, menyampaikan bahwa PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) bertugas untuk melakukan pemberdayaan keluarga dengan harapan seluruh anggota keluarganya sehat, ekonominya baik, mendapatkan layanan yang paripurna, dan puncaknya adalah mendapatkan kesejahteraan.” Ujarnya.

“Di keluarga, tentu ada yang bekerja bisa bapaknya, ibunya, atau anaknya dan mereka bisa berisiko dengan apa pun pekerjaannya. misalnya petani, bisa kepatok ular saat di sawah. Saat hujan, bisa tersambar petir, begitu juga dengan pekerjaan lainnya,” Jelasnya.

“Apalagi jika kemudian risikonya sampai meninggal. Bisa terjadi goncangan ekonomi di keluarga. Oleh karena itu Negara hadir dengan skema asuransi yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk BPJS Kesehatan perlu beberapa tingkatan fasilitas kesehatan, sementara untuk BPJS Ketenagakerjaan bisa langsung ke rumah sakit yang menjadi mitra,”
BPJS Ketenagakerjaan,” Terangnya

Melindungi untuk semua profesi pekerja, sehingga dengan menyampaikan sosialisasi dan menyebarluaskannya bukan kepentingan BPJS bisa semakin banyak pekerja yang terlindungi.

“Kegiatan sosialisasi ini adalah untuk kepentingan keluarga kita agar aman, bukan keuntungan BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Ada lima program BPJS Ketenagakerjaan yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun(JP), dan Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

“Untuk sosialisasi ini fokus pada JKK, JKM, dan JHT. Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka pekerja akan terlindungi. Saat terjadi risiko yang tidak diinginkan pada tulang punggung keluarga, maka ahli waris tetap bisa hidup layak dan anak-anak tetap bisa sekolah,” tutupnya (Aryo)