Kabupaten Trenggalek Kembali Raih Opini WTP, Gus Ipin : Alhamdulillah

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS – Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI perwakilan Jawa Timur kembali memberikan penilaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Trenggalek tahun anggaran 2022.

Penghargaan WTP tahun 2022 ini merupakan yang ke-7 kalinya berturut turut diterima Kabupaten Trenggalek. Hasil laporan tersebut di terima langsung Bupati Trenggalek didampingi Ketua DPRD Trenggalek, bertempat di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Jatim, Kamis (25/05/2023).

Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek bersyukur atas capaian Pemerintah Kabupaten Trenggalek dimana kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Perwakilan Jawa Timur.

Hasil laporan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur Karyadi, CFrA, CSFA. Maka dengan diraihnya Opini WTP LKPD 2022 tersebut, artinya Pemkab Trenggalek berhasil mempertahankan Opini WTP sebanyak tujuh kali berturut-turut sejak Tahun 2016 hingga saat ini.

“Alhamdulillah, kita bersyukur bisa mencapai WTP yang ke tujuh kalinya. Semoga kedepan semakin minim temuan,” turur Gus Ipin.

Gus Ipin menambahkan, dengan hasil ini artinya pemerintah secara tata kelola lebih baik dan sekarang fokusnya kepada tindak lanjut dari temuan LHP kita sudah 96 persen sehingga semoga nanti bisa 100 persen dan dalam menyelesaikan semua temuan atas beberapa catatan.

Maka sinergitas dengan berbagai instansi harus terjalin baik dan dukungan serta bimbingan terhadap pelaksanaan keuangan Pemerintah Kabupaten Bangka.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK ini untuk meningkatkan kinerja. Pencapaian Opini WTP ini merupakan sesuatu kebanggaan bagi pemerintah atas diraihnya opini wajar tanpa pengecualian.

“Kami juga berharap untuk laporan keuangan tahun anggaran 2023 nanti juga mendapatkan opini WTP kembali. Untuk itu kinerja dan pelayanan juga harus terus kami tingkatkan, sehingga hasilnya semakin baik,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Timur Karyadi, mengatakan bahwa pemeriksaan laporan keuangan tersebut merupakan wujud komitmen positif terhadap pengelolaan keuangan di daerah.

Karyadi berharap ke depan, Pemerintah Daerah bisa memanfaatkan pengelolaan anggaran dengan semaksimal mungkin untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

Disisi lain BPK Perwakilan Jatim turut mengapresiasi atas suport dukungan dan kegigihan jajaran Pemkab Trenggalek dalam memberikan data untuk pemeriksaan sehingga berjalannya pemeriksaan LKPD di Trenggalek berjalan lancar. (ADV)