Libur Sekolah, Kunjungan Pasien Gigi dan Mulut RSUD Kota Tangerang Meningkat

Tangerang, Nusantarapos.co.id – Selama libur akhir semester berlangsung, kondisi poliklinik gigi spesialis di RSUD Kota Tangerang terlihat lebih ramai dari hari biasanya.

Kondisi ini salah satunya dipicu dengan mulai meningkatnya kesadaran masyarakat Kota Tangerang akan pentingnya Kesehatan gigi dan mulut, ditambah lagi dengan tersedianya waktu yang lebih banyak untuk berobat.

Menurut Ketua Staf Medik Gigi dan Mulut, drg.Siti Rahmani, Sp. Orth, tujuan utama dari perawatan kesehatan gigi di RSUD Kota Tangerang adalah untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan gigi.

Selain itu, kata drg Siti, untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pasien, RSUD Kota Tangerang memiliki peralatan dan suasana yang memadai dalam memproses perawatan kesehatan gigi.

Lebih lanjut drg. Siti menjelaskan, RSUD Kota Tangerang menawarkan berbagai macam layanan perawatan gigi, mulai dari perawatan gigi dan mulut, konsultasi gigi, hingga tindakan restorasi gigi. Dalam perawatan kesehatan gigi, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan yang lengkap dan akurat terhadap kondisi gigi dan mulut pasien.

“Spesialis gigi yang paling ramai pasiennya yaitu spesialis konservasi gigi, spesialis bedah mulut dan spesialis gigi anak. Di RSUD Kota Tangerang ini, ada tujuh spesialis gigi, tapi yang paling banyak kita tangani pasien konservasi gigi, pasien bedah mulut, dan pasien anak,” kata drg. Siti.

Bedah mulut, lanjut drg. Siti, yaitu ada kasus- kasus tertentu di gigi yang harus dikerjain oleh spesialis bedah mulut seperti contoh yang sering, gigi bungsu yang tumbuh miring. Ada juga kasus kecelakaan yang menyebabkan rahangnya miring.

Untuk mendapatkan layanan kesehatan gigi di RSUD Kota Tangerang, pasien dapat langsung datang ke rumah sakit dengan membawa rujukan dari faskes pertama, identitas diri seperti KTP atau kartu BPJS. “Jangan lupa untuk membawa surat rujukan dari dokter keluarga atau puskesmas jika diperlukan,” ujar drg.Siti.

Mulut dan gigi merupakan bagian awal tubuh yang menerima makanan, cairan, dan merupakan salah satu organ yang terlibat dalam proses pencernaan. Kesehatan keduanya penting untuk dicapai secara optimal dengan melakukan perawatan gigi dan mulut berkala.

RSUD Kota Tangerang menyediakan beragam layanan kesehatan gigi dan mulut di Klinik Gigi dan Mulut yang didukung oleh Dokter Spesialis yang ahli di bidangnya. Tersedia 7 spesialisasi gigi di RSUD Kota Tangerang . Layanan yang tersedia di Klinik Gigi dan Mulut meliputi :

1.Pemeriksaan dan pengobatan gigi geligi dan jaringanmulut
2.Pencabutan gigipenyulit/bermasalah
3.Periodontologi/perawatanganjarin penyangga gigi (karang gigi,kuretase dan lain-lain)
4.Konservasi gigi (penambalan, perawatan saluran akar dan lain-lain)
5.Pedodonsia / perawatan gigi geligianak
6.Oral phatalogy / penyakit ronggamulut
7.Perawatan Orthodontik/kawat gigi baikremovable/cekat
8.Pelayanan dokter radiologi gigi (interpretasi hasil penunjang gigi )

Jadwal buka poliklinik gigi tersebut berbeda-beda, untuk klinik gigi anak dan Bedah Mulut buka setiap hari, Senin sampai dengan Sabtu. Untuk klinik Orthodonti buka setiap hari Selasa,Rabu, Kamis dan Sabtu. Klini Periodonti buka setiap hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Klinik Konservasi Gigi buka setiap hari Senin, Rabu, Kamis dan Jumat. Sedangan Klinik Radiologi gigi dan Penyakit Mulut, buka setiap hari Senin-Jumat.

Pendaftaran Poliklinik gigi spesialis mulai jam 06.30 sampai jam 12.00 WIB dari hari Senin sampai hari Sabtu dan dokter melayani pasien sampai jam 14.00 setiap harinya