KPP Pratama Tuban Ajarkan Sadar Pajak Hingga Ke Sekolah

Tuban, Nusantarapos – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tuban kembali melaksanakan Pajak Bertutur di lembaga pendidikan se-tingkat menengah yakni di SMAN 1 Tuban dan SMAN 2 Tuban pada Kamis (27/7) pagi.

Hal ini dilakukan untuk menggugah kesadaran siswa sekolah agar lebih sadar akan manfaat pajak bagi negara. Bentuk kegiatan mengajar tentang kesadaran pajak sejak dini ini wujud kepedulian san edukasi sejak dini terhasap generasi bangsa.

Mengedukasi generasi muda terkait pentingnya pajak adalah bagian dari tugas kantor perpajakan. Rutin diselenggarakan tiap tahun. Ini merupakan implementasi pentingnya pajak bagi bangsa dan negara melalui edukasi kepada seluruh jenjang pendidikan. Di SMAN 1 Tuban, pemateri edukasi Pajak Bertutur disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan, Teguh Mulyono dan tim penyuluh.

Sedangkan di SMAN 2 Tuban menghadirkan Kasi Pengawasan V, M. Khoirul Umam, lengkap dengan peserta perwakilan dari siswa dan guru lembaga pendidikan setempat. Dia mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran pajak di kalangan pelajar. Dia menegaskan, sektiar 80 persen pendapatan negara bersumber dari pajak masyarakat. Edukasi itulah yang disampaikan kepada para pelajar yang nantinya menjadi generasi penerus bangsa. “Edukasi tentang pajak ini kami mulai dari lingkup pendidikan mulai jenjang sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi,” ungkap dia.

Pegawai KPP Pratama yang dihadirkan sebagai pemateri di SMAN 2 Tuban ini mengatakan, materi kegiatan bertajuk Pajak Bertutur tersebut disesuaikan dengan tingkat pendidikan yang menjadi sasaran.
Pada tingkat sekolah menengah atas, diberikan materi tentang pengertian pajak sebagai tulang punggung pembangunan. Pajak Bertutur merupakan salah satu rangkaian panjang edukasi pajak dalam dunia pendidikan.

“Manfaat pajak sangat besar bagi pertumbuhan negara. Jadi pelajar bisa memahami fungsi pajak sebenarnya,” ujarnya.

Umam mengatakan, pajak adalah bagian penting dalam membangun sebuah negara. Di Tuban, penerimaan pajak ditargetkan sekitar 430 miliar. Hingga pertengahan Juli, KPP Pratama sudah melakukan realisasi penerimaan pajak hingga 230 miliar atau sekitar 53 persen. Angka tersebut tumbuh 10,12 persen dari periode sama tahun lalu.

“Pajak dari masyarakat ini juga dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk infrastruktur, pendidikan, dan sebagainya,” ungkap dia. (Afi)