UAD Gandeng SMA Muhi Yogyakarta Laksanakan Penelitian Internasional

Yogyakarta, Nusantarapos – UAD gandeng SMA Muhi Yogyakarta sebagai tempat penelitian Internasional di bidang pendidikan Terbukti Selasa, 8 Agustus 2023, para peneliti dari Jepang –Naruto University of Education– yang bekerjasama dengan Universitas Ahmad Dahlan melakukan kolaborasi penelitian internasional dengan SMA Muhi. Judul yang diambil adalah Pendidikan untuk Masa Depan yang Lebih Baik dalam Membangun Karakter Siswa.

Ada 9 tamu yang hadir dari Jepang yang terdiri dari Prof. Satoshi Kusaka, Ph.D dan para mahasiswanya. Para tamu dari Jepang, menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa kelas dan mengunjungi laboratorium computer. Para peserta didik SMA Muhi dengan suka cita menyambut mereka. Kata yang paling sering mereka ucapkan kepada tamu dari Jepang adalah “Arigato”.

Subjek penelitian yang diambil adalah peserta didik kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 9 (GAC), dan X GAC. Khairunisa Aulia Lutfi, S.Pd., selaku staf Humas menyampaikan jika penelitian ini bermanfaat untuk menghasilkan pengetahuan baru tentang dampak digitalisasi pendidikan dalam membangun karakter dan meningkatkan keterampilan berpikir komputasional siswa. “Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Tantangan bebras menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional,” papar Khairunisa Aulia Lutfi, S.Pd.

Disela pembicaraan, Prof. Dr. Rully Charitas Indra Prahmana, S.Si., M.Pd., selaku ketua penelitian menyampaikan, “Melalui kerjasama dengan Universitas Ahmad Dahlan dan universitas luar negeri (Naruto University of Education), sekolah dapat memanfaatkan sumber daya dan keahlian internasional yang tidak tersedia di lingkungan lokal misal terkait pakar dalam berbagai bidang melalui sharing knowledge. Kerjasama ini merupakan implementasi Internasionalisasi Muhammadiyah. Internasionalisasi gerakan Muhammadiyah adalah proyek besar yang bertujuan bukan hanya memperkenalkan tapi juga menempatkan dan menjadikan Muhammadiyah sebagai bagian dari umat Islam yang tak terpisahkan di level global. Internasionalisasi gerakan Muhammadiyah harus dibarengi dengan gerakan internasionalisasi paham pemikiran Muhammadiyah,” pungkas beliau.

Kepala SMA Muhi Drs. H. Herynugroho, M.Pd menyambut baik kerjasama ini. Menurutnya penelitian ini sangat manfaat untuk menyelidiki keadaan dari, alasan untuk, dan konsekuensi terhadap suatu kondisi di SMA Muhi. Penelitian tersebut dilakukan untuk meningkatkan pemahaman kita terhadap kondisi rill kita. “Penelitian memberikan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan terkait pengembangan sekolah,” jelas Drs. H. Hery Nugroho, M.Pd

Penanggung jawab : Yusron Ardi Darmawan M.Pd