Kunjungan SMKN Winongan Ke KPP Pratama Surabaya Karangpilang

Pasuruan, Nusantarapos – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Surabaya Karangpilang mendapatkan kunjungan dari 80 siswa dan siswi SMK Negeri Winongan Pasuruan pada hari Kamis (10/8). Kunjungan ini merupakan agenda yang dicanangkan SMK Negeri Winongan agar seluruh siswa siswi mengetahui pentingnya pajak dan bagaimana mekanisme perpajakan di Indonesia.

Salah satu agenda yang ingin dicapai dalam kunjungan SMK Negeri Winongan adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai tugas dan fungsi kantor pajak. Lebih dari 80 persen penerimaan negara saat ini ditopang oleh pajak. Sehingga perlu ditanamkan rasa cinta tanah air kepada siswa SMK Negeri Winongan melalui pemahaman akan pentingnya pajak.

Agenda kunjungan ini diawali dengan office tour di KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Seluruh siswa-siswi dijelaskan bagaimana proses bisnis pelayanan, pengawasan, pemeriksaan dan penilaian pajak. Dalam office tour ini siswa-siswi SMK Negeri Winongan sangat aktif bertanya mengenai proses bisnis yang dijalankan oleh 10 seksi yang ada di KPP Pratama Surabaya Karangpilang.

Dalam kunjungan kali ini, dibuka langsung oleh Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang, Ir. Eko Radnadi Susetio, M.M. Dalam sambutannya, Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang menyambut baik antusiasme siswa-siswi SMK Negeri Winongan yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap pajak. Karena pajak merupakan hal yang penting untuk pembangunan negara. Sehingga komitmen untuk sadar pajak memang harus ditanamkan sejak dini.

Dalam kesempatan ini, Kepala KPP Pratama Surabaya Karangpilang juga mengukuhkan seluruh peserta kunjungan dari SMK Negeri Winongan menjadi duta pajak. Diharapkan duta pajak ini dapat berperan untuk menyebarluaskan semangat untuk peduli dan sadar pajak.

Perwakilan guru dari SMK Negeri Winongan juga menyampaikan bahwa “Dengan acara ini kami harapkan sejak dini sudah tertanam di benak mereka bahwa di masa depan nanti mereka dapat menjadi warga negara yang taat pajak. Generasi muda bisa membangun bangsa menjadi lebih baik, jadi di tangan kalianlah nanti masa depan bangsa, pembangunan bangsa bisa menjadi negara yang sangat maju.”

Damar, salah satu siswa yang mengikuti acara tersebut menuturkan banyaknya manfaat yang didapat, salah satunya yaitu bagaimana pentingnya setiap warga negara untuk membayar pajak.

“Dari paparan yang dijelaskan tadi, bahwa 82% dari APBN Indonesia itu asalnya dari pajak. Oleh karena itu jadi potensi yang besar banget, dan menekankan bagaimana pentingnya kita untuk membayar pajak. Terutama jika kami semua nantinya sudah berpenghasilan kami harus sadar pentingnya kontribusi kami kepada negara.

Kegiatan kunjungan SMK Negeri Winongan ini diakhir dengan sesi wawancara yang dilakukan oleh siswa-siswa ke seluruh seksi di KPP Pratama Surabaya Karangpilang. Dengan harapan seluruh siswa-siswi pada jurusan Akuntansi ini dapat memahami sistem perpajakan lebih dalam lagi karena kunjungan ini.