Jaga Ketersediaan Darah, Bersama PMI Koramil 0801/08 Tulakan Berpartisipasi Sumbangkan Darah.

PACITAN,NUSANTARAPOS, – Sebagai upaya membentuk Desa Siaga guna memenuhi ketersediaan darah bagi masyarakat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan donor darah, bertempat di Balai Desa Jatigunung, Kec. Tulakan, Kab. Pacitan, Jumat (01/09/2023).

Secara sukarela anggota Koramil 0801/08 Tulakan Kodim 0801/Pacitan beserta masyarakat, turut ambil bagian menyumbangkan darahnya, sebagai bentuk kepedulian untuk menolong antar sesama. 

Sebelum melakukan dono, para pendonor dilakukan seragkaian pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas, seperti kondisi fisik dalam keadaan sehat, usia, suhu tubuh, tekanan darah, dan kadar hemoglobin (Hb), sesuai standar yang ditetapkan. 

Sementara itu sai mendonorkan darahnya, Serma Sarwanto menyampaikan, bahwa kegiatan donor darah ini merupakan upaya bersama membentuk Desa Siaga, dalam memenuhi ketersediaan stok darah, utamanya di Kab. Pacitan. 

“Melalui aksi kemanusiaan ini, diharapkan dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Disamping itu, dengan kita teratur melakukan donor darah, insyaallah kesehatan kita juga akan terjaga dengan baik”, katanya kepada awak media di lokasi. 

Tidak hanya memelihara kesehatan tubuh secara fisik, rutin melakukan donor darah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Pasalnya, pendonor akan merasa termotivasi untuk menjalani hidup yang lebih sehat sekaligus membantu orang lain.

“Kepada seluruh lapisan masyarakat, terima kasih atas partisipasinya, pasalnya setetes darah anda sangat berharga demi keselamatan nyawa orang lain. Semoga kegiatan donor darah ini, memberi motivasi kepada kita semua untuk selalu berbuat baik terhadap sesama”, ungkapnya.