Realisasikan Program TNI Manunggal Air, Dandim 0801/Pacitan Tinjau Lokasi Pengeboran Sumur

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Sebagai upaya untuk memenuhi ketersediaan air bersih, Kodim 0801/Pacitan merealisasikan program TNI Manunggal Air dengan melakukan pembangunan sumur bor, bertempat di Dusun Nongko, Desa Sukodono, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Selasa (05/09/2023). 

Program TNI Manunggal Air tersebut terealisasi berkat bantuan dari Dinas PUPR Jawa Timur yang dihibahkan kepada Kodam V/Brw, yang kemudian direalisasikan melalui Kodim 0801/Pacitan guna membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Agar dalam pembuatan sumur bor diberikan keamanan dan kelancaran, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P M.I.P didampingi tim peneliti dari Dinas PUPR Jatim, melalukan peninjauan di titik lokasi pembuatan sumur bor, serta melakukan doa bersama. 

Sementara itu, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P M.I.P, mengungkapkan, bahwa air merupakan sumber dari segala kebutuhan pokok kehidupan. Untuk itu, melalui program TNI Manunggal Air diharapkan nantinya dapat mengatasi kesulitan masyarakat dalam memenuhi ketersediaan air bersih. 

“Mudah-mudahan keberadaan pompa air ini tentunya akan semakin mempermudah warga dalam mengakses air bersih, yang dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari”, kata Dandim saat meninjau lokasi pembangunan sumur bor. 

Tak lupa dirinya juga berpesan kepada warga masyarakat Dusun  Nongko, agar nantinya merawat dengan baik pompa air yang telah dibangun oleh Kodim 0801/Pacitan melalui program TNI Manunggal Air, sehingga bermanfaat bukan hanya saat ini saja, akan tetapi bisa untuk masa mendatang. 

“Jika pengeboran ini selesai jaga dan rawat dengan baik. Karena, manfaatnya sangat besar bagi warga sekitar, terutama saat musim kemarau tiba, hal itu untuk menjaga ketersediaan air bersih”, tandasnya. 

Kemudian, Kepala Desa Sukodono Eko Wardoyo mengapresiasi atas bantuan yang diberikan melalui program TNI Manunggal Air, sehingga nantinya mereka bisa mendapatkan air bersih dan tidak lagi kesusahan dalam melakukan aktivitas seperti memasak, mandi, mencuci dan lainnya.

“Terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh Kodim 0801/Pacitan, semoga program pembangunan sumur bor ini dapat membantu warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan air bersih, terlebih saat musim kemarau”, bebernya. 

Hadir dalam peninjauan lokasi pengeboran diantaranya Letkol Inf. Roliyanto S.I.P. M.I.P (Dandim 0801/Pacitan), Lettu Caj. Sutardi (Danramil 0801/11 Donorojo), Drs. Sukarni (Camat Donorojo), Kapten Inf Murhadi (Pasi Ter Kodim 0801/Pacitan), Bpk. Premi (Konsultan dinas PUPR Provinsi Jatim), Bpk. Eko wardoyo (Kades Sukodono), Bpk. Heru ( Kasi trantip Donorojo), Bpk. Handoyo (Kepala Tim pengeburan), Perangkat Desa Sukodono.