Tingkatkan Penguasaan Materi Pramuka, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Ikuti Acara Malam Api Unggun

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Dalam rangka meningkatkan teknik dan penguasaan materi pramuka, para pelajar dari SMAN 1 Tegalombo menggelar acara malam api unggun gembira, yang berlangsung di lapangan Desa Gemaharjo, Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan, Selasa (05/092023) Malam. 

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kepala Desa Gemaharjo (Bpk Harmanto), Kepala Sekolah sekaligus Ketua Pembina Pramuka SMAN 01 Tegalombo (Drs Sutrisno M.M), Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo (Serka Fikar), Ketua Komite Pramuka (Bpk Sukilan), Pendamping Pramuka Gugus Depan 09.119-09.120 SMAN 01 Tegalombo, para guru dan para pelajar SMAN 1 Tegalombo. 

Acara tersebut diawali dengan menyalakan api unggun gembira yang dipimpin Ketua Pembina Pramuka, kemudian dilanjutkan penampilan sanggar kreatif dari anak-anak pramuka. 

Dalam sambutannya, Ketua Pembina Pramuka menyampaikan, bahwa acara malam api unggun gembira ini diselenggarakan selain meningkatkan teknik dan materi kepramukaan, juga sebagai wadah untuk membentuk generasi mendatang agar memiliki mental dan fisik yang kuat. 

“Prosesi menyalakan api unggun gembira ini bukan merupakan ritual, namun kita dimaknai sebagai simbol semangat kebersamaan antar sesama anggota kepramukaan, demi persatuan dan kesatuan bangsa”, kata Ketua Pembina Pramuka dihadapan peserta didiknya. 

Kemudian, Ia juga memotivasi para siswanya agar selalu berbuat yang terbaik dalam setiap sikap dan tingkah laku sehari-hari baik di sekolahan maupun di lingkungan masyarakat, demi menjaga nama baik almamater SMAN 1 Tegalombo. 

“Tunjukkan kepada orang lain bahwa pramuka adalah tunas harapan bangsa, yang nantinya akan memimpin bangsa menjadi lebih baik. Jangan lupa tetap semangat dan jaga nama baik almamater SMAN 1″, tambahnya. 

Sementara itu, Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Kodim 0801/Pacitan berpesan kepada para siswa agar mengikuti rangkaian kegiatan ini dengan penuh semangat, namun juga harus memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan.

“Dari kegiatan ini, sebagai seorang pramuka harus bisa mengambil filosofi untuk menjadi pelajaran dan pengalaman yang berharga, demi menjadi pribadi yang lebih baik, agar berguna baik untuk keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa, ungkap Serka Fikri.