Beri Solusi Warga, Danramil 0801/05 Nawangan Bersama Forkopimca Temukan Sumber Mata Air

PACITAN,NUSANTARAPOS, – Berangkat dari musim kemarau yang berkepanjangan pada tahun ini, sehingga mengakibatkan warga mengalami kesulitan dalam mengakses ketersediaan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Pada kesempatan ini, Danramil 0801/05 Nawangan Kodim 0801/Pacitan bersama Forkopimca dan Perangkat Desa melakukan pencarian titik sumber mata air yang berlokasi di lingkungan Sumber Ngrejo RT 02 RW 06, Dusun Joso, Desa Gondang, Kec. Nawangan, Kab. Pacitan, Jumat (08/09/2023).

Meski harus melewati perbukitan yang terjal, dalam pencarian tersebut tak sia-sia dan membuahkan hasil. Ditemukan ada 2 titik sumber mata air yg diperkirakan mampu untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama musim kemarau. 

Dalam keterangannya, Danramil 0801/05 Letda Arh Gino mengatakan pencarian sumber mata air ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian bersama, untuk memberikan solusi kepada masyarakat yang mengalami kesulitan dalam memenuhi ketersediaan air bersih. 

“Setelah melalui pencarian, ada 2 titik sumber mata air yang bisa dimanfaatkan serta layak untuk dikonsumsi oleh warga setempat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mandi, memasak, mencuci dan lain sebagainya”, ujarnya saat berada di lokasi. 

Lebih dari itu, dirinya juga akan memerintahkan anggota Babinsa jajarannya agar terus memantau dan monitoring wilayah masing-masing, terutama yang rawan mengalami kekeringan saat musim kemarau. Sehingga, pihaknya siap apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk diperbantukan. 

“Ketersediaan air bersih memang menjadi kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari. Kami berharap dengan keberadaan kedua sumber mata air tersebut, setidaknya dapat membantu meringankan beban dan kesulitan warga selama musim kemarau”, ungkapnya.