Peringati HUT ke-70, Bank Indonesia Tanam di 7 Wilayah Indonesia bersama LindungiHutan

LindungiHutan berkolaborasi dengan Bank Indonesia (BI) peringati hari ulang tahun yang ke-70 pada 1 Juli lalu dengan penanaman mangrove di 7 lokasi, yang dirayakan di Pulau Pari, Kepulauan Seribu melalui penanaman sebanyak 1.000 pohon mangrove pada 14 Juli 2023.

Menurut Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) BI ini menjadi penting untuk dimaknai oleh karena, menjadi bentuk re-komitmen atau sebagai pengingat keberadaan BI yang harus senantiasa memberi makna bagi bangsa dan negara.

Kampanye perayaan HUT Bank Indonesia ke-70 yang mengangkat tema “Konsistensi, Inovasi, dan Sinergi Memperkuat Transformasi BI bagi Kemajuan Negeri”, menjadi bukti nyata komitmen ESG BI baik melalui kegiatan internal pegawai maupun kolaborasi dengan pihak eksternal yang berfokus pada aspek sosial dan lingkungan.

Pemilihan terhadap 5 lokasi pesisir Indonesia bukan tanpa alasan, mengingat lokasi terletak di area pesisir mulai dari Pulau Pari, Pesisir Belitung, Pesisir Trimulyo, Pesisir Untia, hingga Teluk Benoa yang rentan terhadap ancaman abrasi. Selain itu, penanaman juga dilakukan di Gunung Sawur yang memang rentan akan ancaman tanah longsor. Sehingga, penanaman Mangrove dan pohon Alpukat yang memiliki sistem pengakaran yang kuat dapat menjadi jawaban atas kedua permasalahan tersebut. Sedangkan untuk lokasi terkahir yakni Taman Nasional Way Kambas dengan penanaman pohon endemik. Selain untuk koservasi dan edukasi, pohon tersebut bermanfaat untuk meningkatkan ekosistem hutan.

Aksi penanaman di Pulau Pari melibatkan beberapa perwakilan dari pihak internal Bank Indonesia bersama kelompok tani setempat serta tim LindungiHutan. Acara penanaman dimulai pada pukul 10 pagi dan diikuti oleh sebanyak 10 orang. Animo peserta tampak baik sepanjang kegiatan, terlihat dari semangat para peserta yang antusias menanam pohon bersama dengan Mitra Petani. Pengalaman ini sekaligus juga menjadi yang pertama bagi internal Bank Indonesia yang mau terlibat langsung berkontribusi dalam aksi pelestarian lingkungan.

Ceremony Penanaman oleh Perwakilan Bank Indonesia, LindungiHutan dan Perwakilan Petani dari Forum Peduli PariSelain daripada menjadi momen perayaan hari ulang tahun Bank Indonesia, program penghijauan yang diinisiasi oleh seluruh karyawan Bank Indonesia ini merupakan bentuk pemenuhan terhadap prinsip “Aku Bangga BI Bermakna”. Sebagaimana aksi hijau ini berkontribusi terhadap 7 dari total 13 pillar SDGs. Mulai dari peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat hingga dukungan terhadap aksi iklim dan peningkatan fungsi ekosistem darat.

Ida Farida selaku Asisten Direktur Bank Indonesia (kanan) bersama dengan Teh Aas selaku Perwakilan Forum Peduli Pari (kiri)Harapan kami dari Bank Indonesia, semoga kami bisa berperan serta dalam melestarikan lingkungan di pulau Pari ini dengan penanaman pohon mangrove dan kami sudah memprogramkan program sedekah pohon yang diikuti oleh para pegawai Bank Indonesia. Semoga sedekah pohon ini memberikan makna bagi Indonesia sebagaimana tagline kami ‘Aku Bangga, BI Bermakna'”, Tutur Deputi Direktur Bank Indonesia, Nasrullah.

Penyerahan Bibit Mangrove oleh Deputi Direktur Bank Indonesia, Nasrullah dan Asisten Direktur Ida Farida, kepada Edy Hafiz selaku Ketua Kelompok Forum Peduli Pulau Pari dan Teh Aas Perwakilan Ibu TaniApa yang dilakukan oleh Bank Indonesia tentu patut kita apresiasi bersama! Aksi dan kolaborasi semacam ini penting sebagai perwujudan terhadap penurunan emisi Indonesia dan juga dukungan atas target Nationally Determined Contribution atau NDC Indonesia. “Besar harapan bahwa akan ada banyak pihak-pihak lain yang mau mengikuti jejak Bank Indonesia untuk bersama menghijaukan Indonesia.” tutup Chief Executive Officer LindungiHutan, Miftachur (Ben) Robani.

About LindungiHutan
LindungiHutan start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Telah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Kementerian Sosial sejak tahun 2018. Menjadi fasilitator yang menghubungkan seluruh pihak berkepentingan dalam aksi penghijauan, melalui platform lindungihutan.com, kini sebanyak 720 ribu pohon berhasil tertanam dan sebanyak 481 brand/perusahaan telah menjalin kolaborasi. Memiliki lokasi penanaman di 47 lokasi di Indonesia, dengan ceritanya masing-masing yang akan semakin menambah nilai dari kolaborasi yang diciptakan. Mulai dari program The Green CSR, program Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset. LindungiHutan hadir melalui berbagai kanal, baik melalui email di [email protected], akun Linkedin LindungiHutan, serta akun Instagram @lindungihutan.
Contact
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi: Intan Widianti Kartika Putri Head of Partnership Email: [email protected] Phone: +62 823-2901-5769 LindungiHutan Jl. Lempongsari I No. 405, Lempongsari, Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231 Website: https://lindungihutan.com/