Kunjungan Ke Wilayah, Ketua Persit KCK Cabang XV Kodim 081/Pacitan Jadi Narasumber Penyuluhan Stunting

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Sejak dikukuhkannya Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf. Roliyanto S.I.P.,M.I.P, sebagai bapak asuh Stunting Kab. Pacitan, berbagai upaya terus dilakukan guna menekan pertumbuhan angka Stunting di wilayah teritorialnya. 

Pada kesempatan ini, Komandan Kodim 0801/Pacitan didampingi Ketua Persit KCK Cabang XV Kodim 081/Pacitan dr. Khairunisa spa.M.Biomed, melakukan kunjungan ke wilayah Kec. Pringkuku dan Kec. Sudimoro, guna memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait masalah Stunting, Jumat (15/09/2023). 

Menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut dr. Khairunisa spa.M.Biomed menjelaskan bahwa Stunting bisa dicegah dengan memberikan gizi yang seimbang pada anak sejak usia dini, bahkan dalam usia dalam kandungan. 

“Untuk mencegah Stunting, Kami menyarankan agar ibu-ibu selalu rutin memeriksakan kondisi kehamilannya ke dokter, hal itu untuk mengetahui kondisi tumbuh kembang serta memenuhi asupan nutrisi pada calon bayi selama masa dalam kandungan”, kata Khairunisa dalam pemaparannya. 

Lebih lanjut ia katakan, anak mengalami stunting juga ditandai dengan pertumbuhannya yang tidak ideal antara tinggi dan berat, disamping daya pikir yang kurang normal.

“Anak yang kekurangan hormon tiroid bisa menyebabkan terjadinya Stunting, maka setiap bayi lahir segera segera lakukan IMD agar berhasil menjalankan ASI Eksklusif. Setelah itu, lakukan pemeriksaan ke dokter atau ke Posyandu dan Puskesmas secara berkala untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mengetahui tingkat kondisi hormon tiroidnya”, bebernya. 

Sementara itu, Komandan Kodim 0801/Pacitan yang turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar turut menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah, terlebih jelang pemilu tahun 2024.

“Hindari segala bentuk perpecahan antar sesama untuk menciptakan situasi  dan kondisi yang aman dan tentram di wilayah Kab. Pacitan. Mari kita dukung segala program yang dicanangkan oleh pemerintah, demi kemajuan bangsa dan negara untuk lebih baik kedepan”, harapnya.