Penguatan Kapasitas Tenaga Pengaman, Koramil 0801/01 Pacitan Bekali Anggota Satlinmas

PACITAN,NUSANTARAPOS, – Upaya dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat tidak harus bergantung pada aparat TNI dan Polri saja, akan tetapi hal itu merupakan tanggung jawab bersama. 

Untuk itu, demi meningkatkan penguatan kapasitas tenaga pengaman, Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan memberikan pembekalan dan pelatihan kepada anggota Satlinmas, yang berlangsung di Desa Tanjungsari, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Minggu (17/09/2023).

Pelatihan ini bertujuan selain untuk menambah pengetahuan dan wawasan, juga demi memperkuat kemampuan tenaga keamanan dalam menghadapi berbagai situasi dan kondisi yang mungkin terjadi di lingkungan masyarakat. 

Para peserta pelatihan sangat antusias dalam menerima beragam materi, diantaranya latihan permildas, teknik pengawasan, penanganan situasi darurat, dan koordinasi dengan pihak berwenang. 

Dalam pengarahannya, Kapten Kav Dadut Setiawan menekankan agar semua materi yang telah diberikan, benar-benar dipahami, sehingga bisa menjadi bekal dalam setiap implementasi pelaksanaan tugas, jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

“Pembinaan ini merupakan wujud kemitraan, sekaligus untuk mengoptimalkan peran Satlinmas di wilayah, serta memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat”, kata Danramil dihadapan para peserta pelatihan. 

Lebih dari itu, ia berharap kehadiran Satlinmas dapat membantu pihak TNI maupun Polri dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, termasuk penanggulangan bencana alam dan lain sebagainya, demi terwujudnya stabilitas keamanan di wilayah.

“Melalui pelatihan dan pembekalan kepada anggota satlinmas, diharapkan dapat membangun soliditas dan solidaritas dengan seluruh lapisan masyarakat. Hal ini juga sebagai langkah awal dalam menciptakan lingkungan yang aman, tentram, dan kondusif bagi seluruh warga”, ungkapnya.