Pimpin Upacara 17 an, Pasi Ops Kodim 0801/Pacitan Bacakan Amanat Pangdam V/Brw

PACITAN,NUSANTARAPOS,- Pagi ini, Kodim 0801/Pacitan menggelar upacara 17an yang diikuti oleh seluruh personil baik TNI maupun PNS, yang berlangsung di lapangan upacara Makodim 0801/Pacitan, Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Senin (18/09/2023). 

Pada kesempatan tersebut, Pasi Ops Kodim 0801/Pacitan Kapten Inf Sukilan yang menjabat sebagai Irup membacakan amanat Panglima Kodam V/Brw Mayjen TNI Makruf Amin, M. A., secara tertulis, dihadapan seluruh peserta upacara.

Dalam amanatnya, Pangdam V/Brw meminta agar kegiatan upacara ini tak hanya dijadikan sebagai rutinitas dan acara seremonial semata. Namun, harus dimaknai sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya sebagai Kusuma Bangsa.

Moment ini dinilai juga sangat penting, karena bisa menjadi sarana komunikasi antara Pimpinan, Staf dan Anggota agar setiap kebijakan, petunjuk dan informasi dapat terdistribusikan serta dipahami secara seksama. 

Sebagai bentuk apresiasi, Pangdam juga mengucapkan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukan oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodam V/Brawijaya, dalam menjalankan berbagai tugas yang diamanatkan oleh Negara. 

“Selama bulan September, intensitas tugas Kodam V/Brawijaya sangatlah padat, selain tugas-tugas rutin dalam rangka pembinaan satuan dan penyelenggaraan program kerja, kita juga menyiapkan berbagai kegiatan protokoler di antaranya kunjungan Wakil Presiden, Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Darat”, ujarnya. 

Namun demikian, atas tercapainya keberhasilan selama ini, diharapkan kepada seluruh Prajurit Kodam V/Brawijaya tetap harus cerdas, selektif dan arif dalam menyikapi setiap perkembangan situasi yang terjadi akhir akhir ini. 

“Saya ingin agar para pejabat Pam di jajaran Kodam V/Brawijaya lebih berperan aktif dalam mengingatkan anggotanya, guna menekan angka pelanggaran di satuannya. Berikan arahan, penekanan dan konseling kepada anggota untuk mencegah dan meminimalisir pelanggaran sekecil apapun”, tandasnya. 

Kemudian, dirinya menekankan untuk hati-hati dalam menggunakan medsos, jangan sampai terjebak arus dunia maya karena dapat meninggalkan jejak digital. Gunakan medsos untuk hal-hal yang bermanfaat dalam mendukung tugas pokok, serta hindari segala bentuk perjudian maupun pinjaman online. 

“Pelihara keharmonisan keluarga agar siap dan mampu melaksanakan tugas apa pun yang diberikan. Hindari KDRT serta atur keuangan dengan baik agar terhindar dari hutang yang dapat mengurangi keharmonisan keluarga dan keefektifan dalam bekerja, dan semua Prajurit wajib hidup sederhana”, bebernya. 

Menyikapi masih tingginya angka kematian yang disebabkan penyakit dalam pada akhir-akhir ini, seperti jantung, hipertensi, diabetes, kolesterol, dan lain-lain, Panglima perintahkan agar selalu menjaga kesehatan pribadi maupun keluarga dengan berolahraga secara rutin dan melaksanakan pemeriksaan kesehatan di Faskes secara berkala. 

Sebelum mengakhiri amanatnya Pangdam menegaskan guna menjaga kepercayaan masyarakat kepada seluruh Prajurit Kodam V/Brw, agar tetap menjaga Netralitas TNI dalam menghadapi Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

“Ikuti dan tetap waspada terhadap perkembangan dinamika politik yang sedang terjadi. Jangan sampai terlibat dalam Politik Praktis ataupun memihak salah satu kontestan Pemilu yang dapat merugikan pribadi dan nama baik TNI-AD, khususnya Kodam V/Brawijaya”, pungkasnya.