Latihan Menembak, Upaya Kodim 0801/Pacitan Tingkatkan Profesionalisme Prajurit.

PACITAN,NUSANTARAPOS, – Pagi ini, para prajurit Kodim 0801/Pacitan melaksanakan latihan menembak senjata ringan, guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam hal menembak, yang berlangsung di lapangan tembak Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Selasa (19/09/2023). 

Agar dalam pelaksanaannya berjalan tertib, aman dan lancar, sesaat sebelum menembak terlebih dahulu dilakukan apel pengecekan personel, untuk menyampaikan beberapa penekanan terkait mekanisme latihan.

Dalam pengarahannya, Koordinator latihan Kapten Arh Budi Eko P menghimbau agar melaksanakan kegiatan latihan ini dengan sebaik-baiknya, namun demikian tetap hati-hati serta memperhatikan faktor keamanan. 

“Ikuti semua yang diinstruksikan oleh pelatih sesuai mekanisme ketentuan dalam latihan menembak, terutama dalam pembawaan senjata, laras harus menghadap ke atas”, kata Koordinator sesaat sebelum menembak. 

Lebih dari itu, dirinya juga menekankan agar para peserta menembak mengikuti tata tertib yang ada, baik sebelum maupun sesudah menembak. 

“Manfaatkan kegiatan latihan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengukur kemampuan maupun skil dalam menembak. Mari berlatih dengan serius, jangan main-main karena munisi yang kita gunakan adalah munisi tanjam”, tegasnya. 

Sementara itu, Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto, S.I.P., M.I.P., mengungkapkan bahwa kegiatan latihan menembak merupakan program dari Komando Atas, yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prajurit dalam bidang menembak, guna menunjang tuntutan tugas kedepan. 

“Saya berharap melalui latihan ini, nantinya dapat meningkatkan profesionalisme para prajurit dalam hal menembak. Namun demikian, tetap jaga faktor keamanan baik personil maupun materiil selama latihan”, ungkapnya secara terpisah.