Kawal Penertiban Tugu Perguruan Silat, Danramil 0801/04 Tegalombo Ikuti Rakor Bersama Forkopimca

PACITAN,NUSANTARAPOS, – Pagi ini, Danraamil 0801/04 Tegalombo Kodim 0801/Pacitan mengikuti rapat koordinasi bersama Forkopimca dan beberapa ketua perguruan pencak silat Se-Kec. Tegalombo, dalam rangka penertiban dan pembongkaran tugu perguruan silat, yang berlangsung di Pendopo Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan, Selasa (19/09/2023). 

Rapat koordinasi tersebut digelar, menyusul adanya surat himbauan Nomor 300/5984/209.5/2023 dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Forkopimda Jatim terkait penertiban atau pembongkaran tugu perguruan silat di wilayah Jawa Timur. 

Sesuai kesepakatan bersama dalam forum rapat tersebut, tugu pencak silat yang berdiri di lahan milik negara nantinya tidak jadi di bongkar, namun demikian akan dialih fungsikan menjadi tugu Pancasila. 

Sementara itu, Danramil 0801/04 Tegalombo Kapten Arm Agus W, juga memerintahkan kepada anggota jajarannya untuk terus melakukan pendekatan dengan cara sosialisasi dan upaya edukasi kepada masing-masing perguruan silat, guna memberikan pemahaman terkait akan ditertibkannya tugu pencak silat. 

“Kami menghimbau kepada seluruh perguruan pencak silat khususnya di wilayah Kec. Tegalombo agar mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah, untuk membongkar secara mandiri tugu ataupun simbol perguruan silat demi kepentingan bersama”, katanya saat dikonfirmasi awak media. 

Diharapkan, dengan adanya penertiban tugu pencak silat tersebut, kedepan tidak ada lagi konflik maupun perselisihan antar perguruan silat sehingga terwujud situasi aman dan tentram khususnya di wilayah Pacitan. 

“Penertiban ini semata-mata dilakukan untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan serta mengantisipasi rasa fanatik yang berlebihan, dan memicu terjadinya perselisihan antar perguruan silat. Pihaknya juga siap mengawal dan memonitoring kegiatan pembongkaran tugu pencak silat agar berjalan kondusif dan aman”, tambahnya. 

Hadir dalam agenda rapat tersebut, Camat Tegalombo (Nur Subhan), Danramil Tegalombo (Kapten Arm Agus W), Kapolsek Tegalombo (Iptu Fatchurrahman), Sekcam (Edi), Satpol PP (Miko), Kades Ngreco (Susilo Hadi), serta Ketua Perguruan silat Se-Kec. Tegalombo.