KEBUTUHAN AIR BERSIH WARGA SUMBERPETUNG TERPENUHI DENGAN PROGRAM PIPANISASI

MALANG,NUSANTARAPOS,- Infrastruktur merupakan salah satu aspek penting dalam perencanaan wilayah. Dilihat dari sisi fungsinya, infrastruktur memiliki peran penting terhadap perubahan kemakmuran wilayah dan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah pemenuhan kebutuhan air minum sebagai kebutuhan mutlak kehidupan. Namun keberadaannya di beberapa wilayah masih terkendala pada keterbatasan ketersediaan sarana dan jangkauan pelayanan.

Terkait hal itu sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah ketersediaan air bersih Satgas TMMD 118 Kodim 0818 Malang – Batu bersama warga Dusun Banduarjo Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang terus berupaya menyempurnakan pipanisasi air, Kamis (05/10/23).

”Kita sempurnakan dan lanjutkan pipanisasi, termasuk pemasangan pipa lanjutan. Tujuannya air bisa mengalir ke rumah-rumah warga, sebelum Satgas TMMD 118 Kodim 0818, bersamaan dengan berakhirnya TMMD,” jelas Babinsa Serda Deny.

Pasiter Kodim 0818 Kapten Inf Mujiono mengungkapkan bahwa di sisa waktu pelaksanaan TMMD 118 ini Satgas dibantu warga terus berupaya mempercepat pekerjaan pemasangan pipanisasi sekaligus menyalurkan ke pemukiman warga. Dengan begitu diharapkan jaringan pipa ini akan bisa memberikan support penyediaan air bersih terlebih di musim kemarau.

Dirinya berharap dengan teralisasinya pembangunan sarana air bersih di Desa Sumberpetung ini, masyarakat dapat mengakses pelayanan air minum serta meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Selain kegiatan-kegiatan kemiliteran, TNI juga bertugas untuk menyukseskan pelaksanaan program pemerintah dalam mewujudkan kemakmuran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, salah satunya yaitu melalui pembangunan infrastruktur air bersih ini” ungkap Pasiter.