Satuan Pendidikan di Trenggalek Wajib Terapkan Pelajaran Akhlak

TRENGGALEK, Nusantarapos.co.id – Pendidikan memiliki peran yang dominan untuk generasi mendatang. Sifat pendidikan tentu harus bersifat dinamis dengan keadaan peserta didik. Untuk seterusnya peran pendidik yang memiliki inovasi pembelajaran sangat diharapkan.

Sebagaimana dengan kabupaten Trenggalek yang memiliki slogan Trenggalek Maju Ekonomi Rakyatnya, Organisasi atau orangnya kreatif dan Ekosistemnya Terjaga (MEROKET).

Dengan alasan itu, Pemerintah Kabupaten ikut serta membangkitkan inovasi pembelajaran. Yaitu dengan melakukan Workshop Strategi Pembelajaran Inovatif bagi Sekolah Dasar yang diselenggarakan di hotel Hayam Wuruk, Kabupaten Trenggalek, Kamis (19/10/2023).

Turut hadir dalam agenda itu wakil bupati Trenggalek Syah Muhammad Natanegara. Pihaknya menekankan proporsi khusus yang harus ditanamkan di berbagai elemen, yaitu peran pembentukan akhlak untuk menciptakan karakter kepribadian yang relevan dengan kondisi sekarang.

“Peran akhlak harus disisipkan ke berbagai elemen pendidikan. Hal itu sangat dianjurkan mengingat kondisi pembelajaran yang semakin kompleks,” ungkap Mas Syah.

Dicontohkan Mas Syah, semisal dalam keilmuan umum, seperti matematik, bahasa inggris atau keilmuan lainnya. Akhlak harus ditanamkan sejak dini. Penanaman sejak dini tentu akan berdampak pada generasi mendatang.

Ketika akhlak yang ditanamkan baik maka di usia dewasanya akan berperan kuat dalam peradaban yang lebih baik. Serta pengharapan untuk lebih bijak dalam keilmuan bisa ditekan dengan akhlak yang baik.
 
“Mungkin 10-20 tahun yang lalu, saat para guru yang saat ini mengajar menjadi murid, guru menghukum/ memarahi  muridnya merupakan suatu  hal yang bisa,” ujarnya.

Bahkan tidak ada dendam ataupun melaporkan kepada orang tua. Namun sekarang ini tantangannya berbeda. Yang dulu itu wajar, sekarang ini semua itu tidak wajar.

Ia juga mengingatkan kembali peran guru yang harus terus berinovasi. Proses inovasi harus terus dijalankan secara rutin. Mengingat hasilnya tidak langsung namun membutuhkan proses yang panjang. Sikap pengajar yang tulus dan ikhlas sangat diharapkannya. (ADV)