Pasar Tumpah Jadi Upaya Gus Ipin Ramaikan Kembali Pasar Pon

Foto : Gus Ipin saat melakukan temu koordinasi bersama para pedagang pasar pon

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS,- Upaya meramaikan pasar pon terus dilakukan Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin. Kali ini Bupati muda tersebut menggarap gagasan pasar tumpah untuk dibuka pada hari sabtu dan minggu.

Pasar tumpah bakal segera di buka, pasar tumpah sesaat setelah mendapat keluhan sepi dari pedagang pasar pon untuk mencoba segala upaya dalam meramaikan pasar kembanggaan masyarakat.

“Pasar ruah kita konsep pada hari minggu pedagang bisa mendisplay barang dagangannya di trotoar seputaran pasar,” ucap Gus Ipin, Jum’at (20/10/2023).

Disampaikan Gus Ipin biasanya di hari biasa banyak pejalan kaki dan masyarakat yang berolahraga sepeda. Harapannya ketika berminat membeli sesuatu tinggal membeli dengan mudah.

Kemudian pemkab juga akan mencoba menggratiskan parkir sementara bila ini salah satu cara meramaikan Pasar Pon. Bahkan pihaknya juga mengajak masyarakat untuk memberikan saran masukan untuk bisa meramaikan pasar tersebut.

“Terobosan ini akan kita coba mulai, jadi setiap hari sabtu dan minggu, kalau di alun-alun ada Car Free Day, sedangkan di sekitar Pasar Pon ada Pasar Tumpah,” ucapnya.

Jadi konsepnya nanti pedagang, sambung Gus Ipin bisa mendisplay di trotoar sehingga harapannya si hari Minggu ada banyak orang yang bersepeda, lari pagi dan segala macam. Jadi kalau nanti cari sepatu, baju, gerabah dan segala macam bisa mampir di Pasar Pon.

Tapi dalam jangka waktu kedepan juga coba menggaet vendor-vendor yang bagus, yang keren. Jadi nanti yang punya hak penempatan itu nanti bisa di itung saham. Vendor vendor itu nanti yang lebih dikenal masyarakat dan menarik kedatangan masyarakat.

“Seperti contoh seperti toko buku atau vendor-vendor kuliner yang sudah dikenal. Jadi perlu juga mengundang influencer untuk membantu live tik tok di sini, sehingga penjualan secara online bisa meningkat,” ungkapnya.

Dengan begitu secara hybrid penjualannya. Secara online the spot juga ada, online juga ada. Apapun kemungkinan akan kita coba upayakan. Termasuk membebaskan parkir untuk sementara waktu.

Apakah ini nanti juga berdampak serta memberi tangga di luar sehingga stand stand di atas agar bisa lebih terjangkau oleh pembeli. Jadi segala cara akan kita upayakan, dan kalau ada masukan tolong sampaikan.

“Masukan masyarakat di nanti, jika ada saran masukan silahkan di sampaikan,” pungkasnya. (ADV)