Bupati Trenggalek Tinjau Pembangunan Jalan Simpang Lima Pule

Bupati saat melaksanakan peninjauan pembangunan jalan simpang lima pule

TRENGGALEK, NUSANTARAPOS,- Setelah melalui proses panjang, akhirnya pembangunan jalan di Simpang Lima Kasrepan – Sukokidul, Kecamatan Pule telah dikerjakan. Hal itu disampaikan Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin bersama Kepala Dinas PUPR Ramelan terjun saat melakukan peninjauan.

“Sebenarnya pemerintah kabupaten telah mengucurkan sejumlah anggaran untuk perbaikan beberapa ruas jalan,” kata Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek, Senin (13/11/2023).

Gus Ipin juga menyampaikan pembangunan salah satunya di Kecamatan Pule melalui Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan halnya ruas jalan Puyung – Sidomulyo. Sedangkan untuk ruas jalan Pule – Bangunsari dianggarkan melalui dana PAK.

Namun sayangnya ditahun 2022 kemarin skema DAK dihapus oleh pemerintah pusat dan digantikan dengan Inpres. Dengan begitu pembangunan ruas jalan ini tidak dapat dilaksanakan, karena tidak ada anggarannya.

“Hari ini saya jalan-jalan melihat beberapa pembangunan yang tadi sudah selesai dibangun dari Simpang 5 Kasrepan ke arah Desa Sukokidul Pule”, ucap Gus Ipin.

Kemudian disampaikan Gus Ipin saat ini melihat ruas jalan Pule – Bangunsari yang mengalami kerusakan. Sebenarnya ini telah dianggarkan DAK, tapi karena nomenklatur DAK itu dihapus diganti dengan Inpres tahun yang lalu. Kemudian anggaran kita yang PEN tidak masuk kesini.

Selain ruas jalan Simpang Lima Kasrepan – Sukokidul, pihaknya juga meninjau ruas jalan Pule – Bangunsari yang rencananya juga mendapatkan alokasi anggaran untuk peningkatan jalan di akhir tahun 2023 ini.

“Akhirnya ini nanti akan kita dahulukan terlebih dahulu. Jadi telah kita siapkan anggarannya dan ini tadi kita check, sekaligus teman-teman perencanaan dari PUPR melihat langsung dilapangan,” imbuhnya.

Ditempat yang sama Ramelan selaku Kepala Dinas PUPR Trenggalek menambahkan, ruas jalan Simpang 5 Kasrepan-Sukokidul menelan anggaran kurang lebih sebesar Rp 2 miliar yang bersumber dari APBD Trenggalek tahun 2023. Anggaran itu menangani jalan sepanjang kurang lebih 1,3 km.

Kemudian untuk ruas jalan Pule – Bangunsari dialokasikan anggaran Rp. 400 juta untuk penanganan jalan sekitar 400 meter. Ada 400 meter jalan yang dikerjakan ini dalam satu ruas jalan yang terbagi dalam 3 titik.

“Titik pertama 120 meter, titik kedua 50 meter di sekitar SD Pakel 1 kemudian titik terakhir di Polindes sepanjang 122 meter”, pungkasnya. (ADV)