Kabupaten Trenggalek Sabet Tiga Penghargaan dari Gubernur Jatim

TRENGGALEK, Nusantarapos.co.id – Bangga, Kabupaten Trenggalek lagi lagi mendapatkan penghargaan di tingkat Provinsi. Kali ini Trenggalek mendapatkan penghargaan dalam kegiatan Jambore Perhutanan Sosial Jawa Timur tahun 2023 di Ubaya Training Center, Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Salah satu penghargaan yang diraih, penghargaan atas dukungan, fasilitas dan memberikan pendampingan dalam pengembangan usaha dan perizinan produk kelompok tani hutan.

“Alhamdulillah, dengan proses dan perjuangan yang panjang kita mendapatkan penghargaan dalam hal kehutanan,” kata Gus Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek, Selasa (28/11/2023).

Selain apresiasi tentang kelompok tani hutan Gus Ipin juga menerangkan untuk penghargaan kedua diraih oleh Gapoktanhut Laskar Bumi. Gapoktan ini meraih juara 2 dalam kategori Kelompok Tani Hutan (KTH) dengan pencatatan nilai transaksi nilai ekonomi terbesar se-Jawa Timur.

Sedangkan untuk penghargaan ketiga diraih CDK Trenggalek yang meraih juara tiga dalam kategori kelompok perhutanan sosial dengan komoditas biji kopi terbaik se Jawa Timur.

“Penghargaan untuk Trenggalek itu sendiri diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim,” tuturnya.

Penghargaan diberikan saat membuka kegiatan Jambore Perhutanan Sosial Daerah yang diyakini digelar pertama kali di Tanah Air. Pihaknya juga berterima kasih untuk apresiasinya dan ini menyemangati kami, bahwa ternyata melestarikan lingkungan tidak harus mengorbankan nilai ekonomi.

Karena tadi terbukti, salah satunya laskar bumi membuktikan bahwasannya salah satu kelompok tani hutan dengan nilai tukar ekonomi 3 besar tertinggi se-Jawa Timur.

Kemudian seperti komoditas Kopi, “ini komoditas kehutanan yang katanya bibitnya Trenggalek juga 3 besar terbaik di Jawa Timur”, imbuhnya.

Gus Ipin ini hanya kedapatan berkahnya saja, bahwa banyak masyarakat Trenggalek yang sangat luar biasa untuk mengelolanya hutan. Hutannya lestari dan ekonomminya juga berjalan dengan baik sehingga Kabupaten Trenggalek diganjar menjadi salah satu Kabupaten dengan pengelolaan kehutanan sosial yang terbaik.

Ditanya mengenai langkah ke depan, Gus Ipin menambahkan, programnya tentu akan terus lanjutkan. Sekarang kita sedang menyusun RPJPD dan kita ingin menuju net zero karbon city di tahun 2045. Salah satunya nanti peran kehutanan itu menjadi sangat penting.

“Tidak hanya seperti Ibu Gubernur tadi, sedekah oksigen, tapi juga nanti penyumbang ekonomi bagi Kabupaten Trenggalek. Ekonomi yang berkelanjutan,” pungkasnya. (ADV)