Masa Tenang, Bupati Trenggalek Ajak Semua Pihak Jaga Situasi Kondusif

TRENGGALEK, Nusantarapos.co.id – Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin mengajak seluruh elemen masyarakat dan para kontestan pemilu untuk bersama-sama menjaga situasi kondusif pada masa tenang Pemilihan Umum 2024.

Hal itu disampaikan Gus Ipin sapaan akrabnya saat menghadiri apel siaga pengawasan Tahap Tenang Masa Pemilu Tahun 2024 di Alun Alun Trenggalek, Minggu (11/2/2024).

“Semua warga yang memiliki hak suara bisa menyalurkan hak suaranya pada 14 Februari nanti,” pesan Gus Ipin.

Dalam apel siaga pengawasan dari Bawaslu ini Gus Ipin mengatakan hari ini sudah masuk hari tenang, jadi diharap tenang. Masyarakat datanglah pada tanggal 14 Februari dicoblos yang sesuai sama yang disukai.

Jadi yang di doain, yang diyakini bisa membawa kebaikan buat semuanya. Sebelumnya pembersihan alat peraga dilakukan oleh Bawaslu Trenggalek bersama dengan jajaran terkait sesuai amanah PKPU dan undang-undang 7.

“Jadi pembersihan alat peraga kampanye sejak dimulainya hari tenang,” tutupnya.

Sementara itu Nurman Nuryadin Ketua Bawaslu Trenggalek dalam kegiatan ini menambahkan “hari ini dalam rangka memastikan seluruh jajaran di kami mulai dari Panwaslu Kecamatan sampai dengan Panwaslu Desa.

Bahkan nanti yang mengkoordinir pengawas TPS itu bisa kita pastikan sudah siap melaksanakan tugas dan melaksanakan apa yang menjadi kewajibannya.

“Mengenai pembersihan alat peraga kampanye, Ketua Bawaslu Trenggalek ini membenarkan hal tersebut,” sebutnya.

Menurtnya pembersihan APK ini sesuai dengan PKPU dan undang-undang 7 itu adalah pembersihan alat peraga kampanye. Sejak dimulainya hari tenang sudah dilarang melakukan aktivitas kampanye dan salah satu metode kampanye adalah pemasangan alat peraga kampanye.

Oleh karenanya dimulai hari tenang, maka harus sudah mulai bersih terkait APK. Ketika belum bersih, maka nanti kami, KPU dan seluruh stakeholder terkait, termasuk TNI-Polri tentunya akan melaksanakan pembersihan tersebut, hingga bersih.

Pada tanggal 7 Februari sudah kami sampaikan, kemudian kegiatan konsolidasi pengawasan persiapan hari tenang juga sudah kami sampaikan termasuk diantaranya partai politik.

“Saya rasa kami sudah melakukam upaya maksimal untuk melaksanakan pembersihan ini”, tutup Nurman. (ADV)